Salin Artikel

Antisipasi Penumpukan Kendaraan akibat Cuaca Buruk, Kantong Parkir Disiapkan di Pelabuhan Merak-Bakauheuni

LAMPUNG, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sejumlah kantong parkir di sekitar pelabuhan untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan jika kembali terjadi penutupan karena cuaca buruk.

Ketua Tim Pemantau Mudik Nataru Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Joe Derisman mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait update kondisi cuaca di Selat Sunda.

Menurutnya, penutupan jalur penyeberangan Bakauheni-Merak dan sebaliknya seperti yang terjadi pada Kamis (22/12/2022) malam berpotensi menyebabkan penumpukan kendaraan.

"Ya, ini juga menjadi perhatian kita, karena cuaca buruk kemarin ada penutupan jalur penyeberangan. Tapi kita sudah berkoordinasi dengan BMKG," kata Joe di kantor ASDP Pelabuhan Bakauheni, Jumat (23/12/2022) sore.

Sebagai langkah antisipasi penumpukan kendaraan, Joe mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah kantong parkir di sekitar pelabuhan.

"Kita siapkan beberapa kantong parkir di Pelabuhan Merak juga Bakauheni supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan," kata Joe.

Lebih lanjut dia menjelaskan, puncak arus mudik Natal 2022 diprediksi terjadi pada Jumat (23/12/2022) malam.

"Untuk puncak arus libur Tahun Baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember," kata Joe.

Pantauan Kompas.com di Pelabuhan Bakauheni pada Jumat sore, ratusan kendaraan mulai berdatangan dari arah Pelabuhan Merak.

Kendaraan didominasi mobil pribadi dan bus dengan tujuan Sumatera Utara.

Sementara itu, berdasarkan data ASDP Indonesia Ferry cabang Pelabuhan Bakauheni periode 22-23 Desember atau H-3 Natal 2022, jumlah pemudik tujuan Sumatera mencapai 38.310 orang, dengan rincian 2.050 pejalan kaki dan dalam kendaraan sebanyak 36.260 orang.

Lalu jumlah kendaraan masuk ke Pelabuhan Bakauheni mencapai 4.275 unit mobil, sepeda motor (715 unit), dan bus (388 unit).

Sedangkan jumlah pemudik yang menyeberang ke Pelabuhan Merak dari Pelabuhan Bakauheni mencapai 32.507 orang.

Untuk jumlah kendaraan mencapai 4.116 unit mobil, sepeda motor (523 unit), dan bus sebanyak 310 unit.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/215108478/antisipasi-penumpukan-kendaraan-akibat-cuaca-buruk-kantong-parkir-disiapkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke