Salin Artikel

Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Perairan NTB

Untuk wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid memprakirakan, potensi hujan lebat hingga sangat lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang akan terjadi pada periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 di sebagian wilayah  NTB.

"Potensi cuaca tersebut di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Kota Bima, dan Dompu," ungkap Kepala Stasiun Meteorologi ZAM Cucu Kusmayancu dalam keterangan pers, Jum'at (23/12/2022)

Selain hujan lebat, Stasiun Meteorologi (ZAM) juga mengumumkan bahwa ada kemungkinan gelombang tinggi hingga 4 meter dari periode tanggal 22-28 Desember.

"Potensi gelombang tinggi di wilayah perairan NTB Kategori Tinggi Gelombang 2,5 – 4.0 meter, di Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan, dan Selat Sape bagian Selatan," kata Cucu.

Adapun kategori tinggi gelombang 4–6 meter terjadi di Samudra Hindia selatan NTB.

Cucu mengimbau agar seluruh pihak dapat melakukan penataan lingkungan, tidak melakukan pemotongan lereng, atau penebangan pohon yang tidak terkontrol.

Ia juga mengimbau agar dilakukan pemangkasan terhadap dahan dan ranting pohon yang berisiko tumbang.

"Pemerintah daerah, masyarakat harus tetap waspada potensi banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi," kata Cucu.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/215058978/waspada-gelombang-tinggi-hingga-4-meter-di-perairan-ntb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke