Salin Artikel

Sungai Pepe Meluap, Puluhan Rumah Warga di Solo Tergenang Banjir

Sungai Pepe di kampung tersebut tidak mampu menampung debit air akibat hujan deras yang mengguyur Kota Solo sejak pukul 15.00 WIB.

"Ini yang kena (genangan air) RW 007 selatan lapangan. Semoga saja tidak naik lagi. Ada 30an rumah warga," kata Lurah Sewu Iwan Muryanto dihubungi wartawan di Solo, Jawa Tengah, Jumat petang.

Menurut dia, air dari luapan sungai Pepe itu masuk ke rumah-rumah warga mulai pukul 17.00 WIB. Tinggi air tersebut mencapai sepinggang orang dewasa.

Dia menambahkan air sungai Pepe tersebut meluap karena pompa air di sungai tersebut belum dinyalakan. Setelah dinyalakan pompa air tersebut genangan air yang masuk ke rumah warga mulai surut.

"Ini laporan dari petugas Linmas sudah mulai surut. Itu kan surut karena pompa. Tadi langsung dipompa," kata dia.

"Di situ (kampung Ledok) jarang (tergenang). Baru ini karena hujannya sangat deras pompanya belum siap," terang Iwan.

Genangan air juga terjadi di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. Genangan air masuk ke rumah-rumah warga. Air tersebut berasal dari luapan sungai Pepe.

"Sepanjang bantaran Kali Pepe. Dari hilir wilayah Semanggi RW 013, RW 011, RW 010 air sudah masuk rumah. Rumahnya banyak. Belum bisa dirinci," Lurah Semanggi Aris Suharto.

Pihaknya mengatakan terus berkoordinasi dengan pihak RT maupun RW setempat untuk penanganan warga yang rumahnya terdampak genangan air sungai Pepe tersebut.

"Personel kita siapkan. Koordinasi dengan Pak RW, Pak RT terus kita lakukan untuk persiapan kalau dibutuhkan warga untuk mengungsi," ungkap Aris.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/193429578/sungai-pepe-meluap-puluhan-rumah-warga-di-solo-tergenang-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke