Salin Artikel

Curi 18 Traktor di 5 Kabupaten, 2 Pria Ditangkap Polres Purworejo

Mereka ditangkap Satreskrim Polres Purworejo setelah menggasak 18 traktor sawah di lima kabupaten berbeda. Kedua pelaku telah beraksi di Kabupaten Sukoharjo, Klaten, Magelang, Kulon Progo dan Purworejo.

Kasat Reskrim AKP Khusen Martono menjelaskan, para pelaku ditangkap setelah adanya laporan dari kelompok tani Maharani Kelurahan Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, yang anggotanya kehilangan traktor di persawahan.

"Kedua pelaku tersebut sudah 18 kali melakukan pencurian mesin traktor yang berada di area persawahan. Di antaranya di Kabupaten Klaten 5 unit, Sukoharjo 2 unit, Magelang 2 unit, Kulonprogo 1 unit dan di Purworejo 8 unit traktor," kata khusen Pada Jumat (23/12/2022).

Di Kabupaten Purworejo, kedua pelaku beraksi di sejumlah tempat yakni Kecamatan Purwodadi, Ngombol, Banyuurib, Grabag dan Kemiri. Semua tempat tersebut berada di area persawahan, yang mana traktor petani yang tidak dibawa pulang.

"Setelah mendapat laporan, kemudian tim melakukan penyelidikan dan pada tanggal 12 Desember kemarin berhasil mengamankan kedua tersangka," kata dia.

Sejumlah barang bukti juga turut diamankan yakni satu unit traktor, satu buah kunci ring yang digunakan mencuri, dan satu unit mobil Gran Max, warna hitam bernomor polisi AA 1896 MY untuk mengangkut barang curian.

Khusen mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap tindak pencurian. Warga bisa langsung melaporkan jika ada orang asing yang dicurigai akan bertindak melakukan pencurian ke polsek terdekat.

"Kalau ada alat pertanian tolong diamankan, jagan ditinggal di sawah sebisa mungkin dibawa pulang. Segera lapor jika ada orang yang mencurigakan," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/183348778/curi-18-traktor-di-5-kabupaten-2-pria-ditangkap-polres-purworejo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke