Salin Artikel

Demi Biayai Operasi Jantung Anaknya, Tukang Ojek di Sultra Hendak Jual Ginjalnya

BAUBAU, KOMPAS.com – Seorang tukang ojek di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Suriadin, berencana menjual ginjalnya demi biaya pengobatan anaknya Muhamad Said AA yang masih berumur 1,4 tahun. 

Said mengalami penyakit jantung bocor bawaan sejak lahir sehingga harus dioperasi di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta dengan biaya ratusan juta rupiah.

“Saya mau jual ginjal ini karena memang saya sudah kehabisan cara. Apabila memang saya tidak punya biaya untuk bulan kedua nanti kalau ada yang mau beli ginjal, saya ikhlas untuk menjual ginjal saya untuk biaya berobat anak saya,” kata Suriadin, Jumat (23/12/2022). 

Muhamad Said AA merupakan anak ketiga dari Suriadin dan Wa Ode Eva Islamia lahir dengan penyakit jantung bocor dan penyempitan saluran ke paru-paru. 

Kedua orangtuanya menyadari Said mengidap penyakit jantung ketika melihat pertumbuhan anaknya tidak seperti anak normal dan badannya mengalami biru-biru pada umur 8 bulan.  

Suriadin yang merupakan warga Lorong Batavia, Kelurahan Bone-bone, Kecamatan Batupoaro, makin terkejut ketika dokter mengatakan, anaknya mengidap penyakit jantung bocor sehingga harus dioperasi dengan biaya yang tidak sedikit.  

Pada operasi pertama di bulan Agustus 2022, Suriadin linglung mencari biaya pengobatan apalagi pekerjaannya hanya seorang tukang ojek dan istrinya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. 

“Di operasi pertama, ada yang bantu juga kasih uang, ada juga keluarga dan juga saya sudah habis jual apa yang saya punya, sehingga operasi pertama selesai,” ujarnya. 

“Tapi operasi yang kedua ini pada bulan Februari 2023 juga membutuhkan biaya yang besar, saya tidak mampu dengan penghasilan  saya,” ucap Suriadin. 

Pria asal Karawang ini mengaku anaknya menjalani operasi untuk pemasangan ring pada jantung anaknya dan ia khawatir ada sebagian obat dan alat medis yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

“Untuk biaya operasi kedua ini, saya mohon dengan sangat bila ada dermawan yang mau menyisihkan rezekinya mohon dibantu untuk biaya pengobatan anak saya,” kata Suriadin.  

  

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/150343178/demi-biayai-operasi-jantung-anaknya-tukang-ojek-di-sultra-hendak-jual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke