Salin Artikel

Pj Wali Kota Sorong Usul Pembangunan Pasar Induk Remu, Ini Kata Mendag

Zulkifli bersama George Yarangga mengunjungi Pasar Remu Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (21/12/2022) pagi. Mereka masuk dari arah belakang pasar dan menemui sejumlah pedagang.

"Pagi ini saya di Sorong bersama bapak Wali Kota, ini pasarnya ramai sekali, pasar tradisional, mudah-mudahan nanti Pak Wali Kota akan berjuang menyampaikan kepada kami, secepatnya pasar bisa kita bangun," kata Zufkifi usai meninjau Pasar Remu, Rabu.

Zulkifli menjelaskan, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan menilai kelayakan pembangunan pasar induk di wilayah itu.

Jika pembangunan pasar induk yang ukurannya lebih besar dinilai layak, Kementerian PUPR akan memulai pembangunan.

"Pembangunan pasar ini kan besar kira-kira Rp 200 miliar, tapi kalau pasar kecil di bawah Rp 12 miliar langsung dibangun oleh Kementrian Perdagangan," kata Zulkifli.

Zulkifli mencontohkan pembangunan Pasar Kokas di Kabupaten Fakfak yang menelan biaya sekitar Rp 3 miliar. Pasar itu langsung dibangun oleh Kementerian Perdagangan.

"Kalau ini (Pasar Induk Remu Sorong) memang besar, ada tim terpadu kami dengan PUPR, nanti PUPR yang bangun," kata Zulkifli.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Soraong George Yarangga menunggu rekomendasi dari Kementerian Perdagangan untuk pembangunan pasar induk tersebut.

"Kota Sorong adalah ibu kota Provinisi Papua Barat Daya, pasar-pasar yang sudah kelihatan kurang bagus, kita berharap ada dukungan untuk bisa bangun pasar yang lebih presentatif," kata George Yarangga.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/21/111058778/pj-wali-kota-sorong-usul-pembangunan-pasar-induk-remu-ini-kata-mendag

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke