Salin Artikel

Berkat Usaha Keripik Batang Pisang, Mahasiswi Blora Ini Mampu Raup Omzet Belasan Juta Rupiah

Seperti yang dilakukan oleh Amelia Diaz Dwi Rahayu, seorang mahasiswi yang kuliah di sebuah universitas di Semarang, Jawa Tengah.

Sejak 2020, perempuan yang akrab disapa Amel ini mulai mencoba menggeluti bisnis keripik gedebok (batang) pisang.

Saat ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu, perempuan berusia 21 tahun tersebut mengaku bisnis yang digelutinya berkat dari pandemi Covid-19.

"Awal mula keripik gedebog pisang itu pada tahun 2020 kebetulan saya kuliah online sehingga berada di rumah, di rumah itu kebetulan ada pendampingan desa yang dari disporapar (dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata) Jawa tengah, tugasnya menggali potensi yang ada di desa," ujar dia.

Dengan adanya pendampingan dari disporapar Jawa Tengah, dirinya kemudian memberanikan diri untuk menggali potensi desa khususnya memanfaatkan pohon pisang yang ada di desanya.

"Kebetulan di Desa Jepangrejo masyarakatnya mayoritas menanam pohon pisang, jadi yang dipakai hanya daun dan buahnya, sehingga kita memanfaatkan pohon yang dibuang sia-sia, nah dari itu kita mencoba membuat keripik gedebog pisang," kata dia.

Sehingga untuk mendapatkan bahan baku tersebut, dirinya juga tidak kesulitan. Hal itu karena banyaknya masyarakat yang menanam pohon pisang.

Dua tahun menggeluti bisnis tersebut, Amel mengaku omzetnya saat ini sudah mencapai belasan juta rupiah tiap bulan. "Alhamdulillah sekitar Rp 10 sampai 15 juta," ucap dia.

Kini, keripik gedebog pisang yang telah mendapatkan sertifikasi halal itu juga sudah dijual di sejumlah minimarket dan dijual secara online.

"Produknya sudah ke luar kota, tapi masih online. Kalau di Blora offline sudah di sejumlah minimarket, supermarket dan toko oleh-oleh," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/19/130546878/berkat-usaha-keripik-batang-pisang-mahasiswi-blora-ini-mampu-raup-omzet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke