Salin Artikel

Kaleidoskop 2022: Pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Gunakan Tema Mataram Islam, Dikirab Kereta Kencana, dan Tak Terima Sumbangan

Erina merupakan anak dari pasangan almarhum Profesor Dr Mohammad Gudono MBA Aks PhD dan Dra Sofiatun Gudono MSi Aks. Profesor Gudono, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kaesang dan Erina melaksanakan ijab kabul di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo di kompleks Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Kemudian ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah yakni Loji Gandrung (acara adat) dan Pura Mangkunegaran (resepsi atau syukuran) pada Minggu (11/12/2022).

Tema Mataram Islam

Acara adat pernikahan Kaesang dan Erina di Loji Gandrung menggunakan tema Mataram Islam. Tema ini diambil karena kedua mempelai berasal dari Solo dan Yogyakarta yang merupakan cikal bakal berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Art Director Asmoro Dekorasi, Pandji Vasco Da Gama menjelaskan, acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina di Loji Gandrung menggunakan tema Mataram Islam. Semua bentuk ornamen dan dekorasi Mataram Islam Yogyakarta dan Solo.

"Kami bikin satu visual di antaranya mrajak sewu. Ini kita ambil dari konsep berdirinya Kerajaan Mataram Islam," ungkap dia, Selasa (29/11/2022).

Mrajak sewu ini berbentuk punden dengan ornamen daun jati, kelapa cengkir gading, bambu dan cabai. Semua ornamen ini memiliki makna.

"Daun jati yang kita imajinasikan sebagai daun jati dari alas Donoloyo. Di mana di situ berdirinya Keraton Jogja dan Keraton Solo. Kalau untuk cengkir gading itu adalah sebuah filosofi kencenge pikir bahwa ini kegiatan yang memang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sudah dipertimbangkan. Kemudian ada mrajak sewu bambu dan lombok sebagai identifikasi dari sebuah hajatan di mana kita memohon kepada alam agar mendukung semua kegiatan ini," terang dia.

Pandji menerangkan mrajak sewu ini akan diletakkan di Loji Gandrung untuk melengkapi dekorasi lainnya pada acara adat ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

"Ornamen ini nanti kita letakkan di Loji Gandrung melengkapi dekorasi belakang yang gebyok yang terdiri dari ornamen Solo dan Jogja tadi. Untuk bunga-bunganya nanti bunga anggrek, kasablanka, pikok, baby breath dan material daun yang lain dan itu semuanya nuansa putih," kata Pandji.

Pemilik Asmoro Dekorasi, Ranu Asmoro menambahkan, alasan mengambil tema Mataram Islam ini karena merupakan cikal bakal berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Yogyakarta. "Mengingat mempelai ini kan dari Solo dan Jogja," ungkap Ranu.

Prosesi adat Kaesang dan Erina di Loji Gandrung berlangsung khidmat. Presiden Jokowi dan Iriana beserta anak, mantu dan cucu-cucunya memakai pakaian adat Jawi jangkep warna biru terbuat dari kain bludru.

Sedang Kaesang dan Erina memakai dodotan. Dodotan merupakan simbol pakaian orang Jawa dengan memakai dodot atau kampuh, sikepan besar dan kuluk.

Presiden Jokowi mengatakan, acara ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sekaligus merawat budaya.

"Kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sekaligus kita nguri-uri kabudayan, merawat kebudayaan, memelihara kebudayaan," ujar Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, beserta anak, menantu, dan cucu, di depan Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Menurut Jokowi, karena budaya adalah warisan para leluhur, maka wajib mengenalkan budaya.

"Mencintai budaya kita juga adalah sebuah kewajiban kita bersama. Oleh sebab itu kecintaan pada budaya harus ditunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali dan karakter kita, karakter budaya kita juga semakin kita mencintai," ujar Jokowi.

Dikirab kereta kencana

Setelah acara adat selesai, Kaesang dan Erina dikirab menuju Pura Mangkunegaran dengan menggunakan kereta kencana. Kereta kencana yang dinaiki kedua mempelai ditarik dengan enam ekor kuda.

Kusir kereta kencana Kaesang dan Erina adalah Aiptu Warsito. Ia merupakan seorang anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dari Kepolisian Resor (Polresta) Cilacap, Jawa Tengah.

Pasangan pengantin Kaesang-Erina berada di bagian paling depan. Disusul di belakangnya adalah Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, kemudian Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Sementara itu, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menjadi urutan terakhir rombongan kirab kereta kencana yang menuju Pura Mangkunegaran.

Sambutan warga terhadap kedua mempelai pun sangat luar biasa. Saat kirab berlangsung warga memadati Jalan Slamet Riyadi bersamaan dengan gelaran car free day (CFD) mulai dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

Warga juga menikmati santapan makanan gratis dari keluarga Presiden Jokowi. Ada sembilan panggung hiburan dan stand makanan gratis di sepanjang Slamet Riyadi dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

Sembilan panggung hiburan itu antara lain terpasang di depan Loji Gandrung, Pertigaan Sriwedari, Plaza Sriwedari, Danar Hadi, Halte Timuran, CIMB Niaga, Perempatan Ngarsopuro, Pasar Triwindu, dan Pamedan.

Ada 34 perusahaan yang menyiapkan makanan secara gratis kepada masyarakat. Makanan yang disiapkan oleh masing-masing perusahaan jumlahnya berbeda-beda. Ada yang 1.000, 2.000 bahkan ada yang menyumbangkan hingga 10.000 makanan.

Makanan tersebut ada sekitar 16 menu. Ada Sang Pisang, Yang Ayam dan lain-lain. Semua makanan itu disajikan secara gratis kepada warga di acara pernikahan Kaesang dan Erina.

Tidak terima sumbangan

Meski banyak tamu yang diundang, resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut tidak menerima sumbangan. Sama seperti kakak-kakaknya yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Gibran yang ditunjuk sebagai juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina menyampaikan tidak ada sumbangan dalam undangan. Keluarga juga tidak menyediakan kotak sumbangan dalam resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

"Tidak ada (sumbangan). Saya dulu tidak ada yang pakai sumbangan, tidak ada kotak sumbangan," ungkap Gibran.

Pejabat, ketum parpol, artis hingga relawan hadir

Resepsi pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama mulai dari pagi hingga siang dan sesi kedua atau terakhir dimulai pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Para tamu undangan yang hadir mulai dari pejabat pemerintah, artis hingga relawan. Para tamu pejabat yang datang itu di antaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Boediono, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia Ali Mochtar Ngabalin, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kemudian Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan serta Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dan istri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ketua DPR Puan Maharani, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI-P Hasto Kristiyanto dan lain-lain.

Sementara dari kalangan artis/selebriti yang datang di resepsi pernikahan Kaesang dan Erina adalah Raffi Ahmad beserta istri Nagita Slavina, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Ir Lies Hartono atau Cak Lontong, Soimah dan lain-lain.

Selain itu para relawan Jokowi juga ikut hadir untuk mendoakan pasangan pengantin Kaesang dan Erina. Para relawan ini datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

"Relawan yang tercatat di data kami itu kurang lebih ada 13.427 orang yang daftar. Terus yang menginap itu 9.022 orang," kata Koordinator Sukarelawan Jokowi di Solo, Kuat Hermawan Santoso dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/12/2022).

Para relawan ini menginap di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali dan Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Kabupaten Sukoharjo.

Kuat menambahkan Asrama Haji Donohudan diperkirakan mampu menampung hingga 6.000 orang. Kemudian di Edutorium UMS mampu menampung hingga 2.500 sampai 3.000 orang.

"Cadangannya di Hall Terminal Tirtonadi Solo," ungkap Kuat.

Dikatakan Kuat, kedatangan para relawan Presiden Jokowi dari berbagai wilayah di Indonesia merupakan inisiatif sendiri untuk ikut mangayubagyo pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi.

"Kita hanya mendoakan yang terbaik untuk mempelai maupun keluarganya Bapak Jokowi," kata Kuat.

Awal kedekatan Kaesang dan Erina

Rumor hubungan asmara Kaesang dan Erina beredar dari video saat mereka kepergok menyaksikan pertandingan sepakbola di Stadion Manahan, Solo.

Video tersebut menampilkan Kaesang tengah merangkul perempuan berambut panjang dan mengenakan masker yang ternyata adalah Erina.

Meski belum ada klarifikasi kala itu, kebersamaan keduanya mencuri perhatian terutama ketika Kaesang menyematkan emoji di kolom komentar foto di Instagram Erina.

Unggahan kakak Kaesang, Kahiyang Ayu, semakin memperkuat hubungan Kaesang dan Erina.

Kahiyang mengunggah foto adiknya dengan Erina disertai keterangan yang membuat publik heboh.

"One step closer @kaesangp @erinagudono," tulis Kahiyang di akun @ayanggkahiyang.

Unggahan tersebut membuat banyak orang berkomentar dan memberikan ucapan selamat walaupun belum diketahui maksud dari tulisan Kahiyang.

Kahiyang menulis keterangan yang menyatakan Kaesang dan Erina selangkah lebih dekat dengan pernikahan membuat publik semakin penasaran.

Apalagi terlihat adanya cincin yang melingkar pada jari Erina. "Go public di momen foto yang proper (tanda silang), go public di foto asal jadi (centang)," tulis Erina mengomentari foto yang diunggah Kahiyang.

Erina bahkan mengunggah kembali unggahan Kahiyang di Instagram Story-nya serta turut menyertakan dua stiker hati warna merah muda.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/19/115733378/kaleidoskop-2022-pernikahan-kaesang-erina-di-solo-gunakan-tema-mataram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke