Salin Artikel

Kendalikan Harga Jelang Nataru, Bulog Banyumas Gelontorkan Beras Murah ke Pasaran

Penyaluran beras melalui pogram Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) ini untuk menekan kenaikan harga yang terjadi akhir-akhir ini.

"Tujuannya untuk menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga beras menjelang Natal dan Tahun Baru," kata Pimpinan Cabang Perum Bulog Banyumas Rasiwan kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Rasiwan mengatakan, sejak Januari sampai 14 Desember 2022, telah menyalurkan beras medium KPSH sebanyak lebih dari 28.000 ton.

"Dari Januari sampai kemarin kami sudah menggelontorkan beras medium KPSH sebanyak 28.245.009 kilogram atau 181 persen dari target yang telah ditetapkan," ujar Rasiwan.

Penyaluran dilakukan melalui jaringan yang dimiliki Bulog seperti Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita (TPK) dan pasar tradisional di Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, dan Banyumas.

Sementara itu, salah satu pedagang beras di Pasar Manis Purwokerto, Irfan Widiantoro mengatakan, beras medium KPSH banyak dicari masyarakat, karena harganya murah.

"Ini dikirimi 30 kantung (isi @5 kilogram) paling dua hari habis. Pelanggannya kebanyakan penjual nasi goreng, rames, dan angkringan, karena harga beras lagi mahal," kata Irfan.

Menurut Irfan HET beras medium KPSH dipatok Rp 9.450 per kilogram. Sedangkan, harga beras di pasaran seperti IR biasa kini dijual dengan harga Rp 11.500- Rp 12.000 per kilogram.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/15/105421878/kendalikan-harga-jelang-nataru-bulog-banyumas-gelontorkan-beras-murah-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke