Salin Artikel

BNPB Sebut Selama 2022 Telah Terjadi 3.300 Bencana di Indonesia

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebut telah terjadi sebanyak 3.300 bencana di Indonesia selama tahun 2022.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi menjelaskan, di Indonesia banyak jenis bencana yang terjadi total sebanyak kurang lebih 13 jenis. Pada tahun 2022 ini terdapat 3.300 bencana di Indonesia.

"Sau tahun 3.300 kejadian dan terbanyak banjir, sebanyak 1.436. Kemudian erupsi di Lumajang 2 kali dan Cianjur Jawa Barat," ujarnya di Kota Yogyakarta, Selasa (13/12/2022).

Dia menambahkan, banyaknya bencana di Indonesia ini membutuhkan pemahaman masyarakat bahwa hidup berdampingan dengan bencana menjadi hal yang penting.

"Bagaimana living harmony disaster atau hidup di tengah bencana sebagai investasi," kata dia.

Pada 2023 mendatang menurut dia ada satu jenis bencana alam yang perlu diwaspadai yakni kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mengingat 2023 diprediksi cuacanya akan lebih kering jika dibanding 3 tahun terakhir.

BNPB mendapatkan arahan dari presiden untuk pencegahan karhutla terjadi pada tahun 2023.

Ia membeberkan 6 instruksi presiden adalah dengan pencegahan dengan menggunakan infrastruktur yang ada, monitoring sampai wilayah bawah, penataan ekosistem gambut, jangan biarkan api membesar, jangan lambat, dan langkah penegakan hukum tanpa kompromi.

"Saya lebih enak kalau kita bicara pencegahan dalam arti jangan sampai jadi darurat," kata dia.

Dia menambahkan BNPB memiliki tugas dalam penanggulangan bencana karhutla seperti memberikan bantuan anggaran karhutla, dukungan sarana dan prasarana dari operasi udara, darat hingga koordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi, kota maupun kabupaten.

"Kolaborasi harus kita lakukan tidak bisa sendiri menangani karhutla, kita juga dukung kementerian lingkungan hidup," kata dia.

Selama 2022, menurut dia, ada 5 provinsi yang menetapkan karhutla sebagai siaga darurat bencana.

"2022 ada 5 provinsi tetapkan siaga dadurat bencana asap yakin Kalbar berakhir 30 nov, Riau sama (selesai 30 November), Sumsel, Jambi, dan Kalsel. Alhamdulillah tidak ada kebakaran hutan yang besar," tutup dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/13/172538778/bnpb-sebut-selama-2022-telah-terjadi-3300-bencana-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke