Salin Artikel

2 Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Rokan Hulu, Lokasi hingga Harga Tiketnya

PEKANBARU, KOMPAS.com - Berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau memang tidak lengkap jika tidak mengunjungi kemegahan Masjid Agung Madani Islamic Center.

Namun selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata air panas dari sumber mata air alami.

Kawasan yang dikenal sebagai Negeri Seribu Suluk ini memiliki dua tempat pemandian air panas yang dikelilingi hutan asri. Kedua tempat wisata ini hanya berjarak 1,5 kilometer.

Lokasi pemandian

Lokasi pertama bernama Pemandian Air Panas Hapanasan. Terletak di perbatasan tiga desa, yakni Desa Sialang Jaya, Desa Rambah Tengah Hulu, dan Desa Rambah Tengah Barat.

Lokasi kedua bernama Pemandian Air Panas Suaman di Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah.

Jika Anda dari Pasir Pengarain, ibu kota Kabupaten Rohul, ke lokasi pemandian air panas jaraknya sekitar 10 kilometer. Sementara waktu tempuh dari Kota Pekanbaru bisa empat sampai lima jam, tergantung kecepatan kendaraan.

Hampir di sepanjang jalan aspal menuju lokasi, kiri dan kanan berjejer pohon karet dan sawit sebagai mata pencaharian warga setempat.

Daya Tarik

Di tempat pemandian air panas Hapanasan, disediakan kolam tempat berenang dan berendam. Di sekelilingnya dihiasi taman dan ada juga wahana permainan anak.

Syuhdi Nasution, seorang petugas di pemandian Hapanasan berkata, tempat wisata ini dibuka untuk umum sejak 2011.

Dia menjelaskan, di lokasi wisata ini ada tiga kolam. Dua kolam untuk orang dewasa yang telah di campurkan air panas, dan satu kolam air dingin untuk anak-anak.

Syuhdi menyebut, suhu air panas yang tersedia pun bervariasi, mulai dari 56 hingga 58 derajat Celsius dengan debit air yang lebih besar.

Sedangkan di pemandian air panas Suaman, pengunjung dapat menikmati mandi dengan pancuran air panas yang langsung jatuh ke sungai yang dangkal.

Syuhdi mengatakan, mandi air panas tidak hanya dapat menyegarkan tubuh tetapi memberi manfaat kesehatan.

"Manfaatnya sangat banyak. Bisa menyembuhkan penyakit kulit, struk ringan, asam urat dan yang lainnya," kata Syuhdi ditemui Senin (12/12/2022).

Tiket masuk

Tiket masuk ke pemandian air panas di Rohul terbilang murah. Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk tiket anak-anak.

Beberapa warga dari Pasir Pengaraian, Kabupaten Rohul, berwisata ke Air Panas Suaman, Senin (12/12/2022).

Seorang pengunjung, Riko (33), mengaku pertama kali berwisata ke Pemandian Air Panas setelah pandemi.

"Saya baru pertama kali ke sini setelah pandemi. Bila sudah mandi di sini, badan terasa enak," kata Riko kepada wartawan.

Bagi Riko, mandi di mata air panas alami bermanfaat mengembalikan kesegaran tubuh.

"Dapat meregangkan otot dan membuat tubuh lebih rileks. Badan terasa ringan setelah mandi air panas di sini," pungkas Riko.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/13/071911278/2-tempat-wisata-pemandian-air-panas-di-rokan-hulu-lokasi-hingga-harga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke