Salin Artikel

Kuda yang Tarik Kereta Kirab Pernikahan Kaesang-Erina Dapat Perawatan Khusus, Satu Ekor Diberi 10 Telur Bebek

Kuda itu di antaranya didatangkan dari Kabupaten Klaten yang akan dipakai pada acara ngunduh mantu putra Presiden Jokowi, Minggu (10/12/2022).

Total ada lima kuda atau lima andong yang akan membawa para tamu dari Beteng Vastenburg dan Manahan hingga ke Pura Mangkunegaran Solo.

Ketua Paguyuban Bendi Klaten (PBK), Warsito menjelaskan, kuda-kuda di antaranya berasal dari Dukuh Pundungan, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara.

Warsito mengatakan para kusir andong mengaku senang dan bangga telah dilibatkan dalam acara pernikahan Kaesang dan Erina ini.

"Terima kasih banget telah diikutkan acara, semua warga Klaten suka dan senang menyengkuyung Mas Kaesang dan Pak Presiden," ucap dia.

Seluruh kereta kuda sudah dicuci dan dipasangi hiasan untuk kenyamanan penumpang.

Selain kereta andong dibersihkan, kuda juga dilakukannya perawatan dan diberi jamu khusus agar stamina kuda terjaga selama perjalanan dan acara berlangsung.

"Jamunya telur bebek. Satu kuda diberi 10 telur untuk kekuatan jalannya itu. Malam hari kita berangkat ke Solo, agar besok siap tidak terburu-buru," harap dia.

Sementara itu Polres Klaten melakukan pengecekan langsung kepada para pemilik andong.

Pengecekan dilakukan oleh Wakapolres Klaten Kompol Tri Wakhyuni bersama sejumlah perwira Polres dan Polsek.

Pihaknya memastikan kesiapan kereta andong dari Klaten yang akan digunakan untuk acara pernikahan Kaesang sudah siap, baik dari kenyamanan maupun keselamatan.

"Alhamdulillah semua sudah ready," ucap Wakapolres.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kuda Penarik Andong Pernikahan Kaesang-Erina Dapat Perawatan Khusus: Satu Kuda Diberi 10 Telur

https://regional.kompas.com/read/2022/12/11/071700678/kuda-yang-tarik-kereta-kirab-pernikahan-kaesang-erina-dapat-perawatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke