Salin Artikel

Kereta Kencana untuk Kirab Pernikahan Kaesang-Erina di Solo Ternyata Milik Presiden Jokowi, Ditarik 6 Kuda Khusus

Selama kirab itu, Kaesang-Erina bakal menaiki kereta kencana berwarna hijau tua berkapasitas 4 orang milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedua mempelai akan memimpin rombongan arak-arakan kereta kencana lain yang dinaiki oleh Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Anandha dan anggota keluarga lainnya.

"Rencana awal di depan sendiri. Kalau ada perubahan kami tunggu dari panitia," ujar kusir kereta kencana Kaesang-Erina, Aiptu Warsito.

Kereta Kencana ini juga memiliki keistimewaan, yakni satu-satunya kereta yang ditarik dengan 6 kuda, dengan keseluruhan menggunakan kuda betina. Semua kuda berjenis KPI atau blasteran lokal dan Australia.

"Persilangan lokal dan Australia. Lokalnya betina, tapi untuk mendapatkan ukuran badan yang tinggi, kekar dan tebal pakai pejantan import," ujarnya.

Bhabinkamtibmas Polsek Kesugihan Cilacap itu menjelaskan rata-rata tinggi keenam kuda mencapai 150 cm berusia 5-6 tahun.

Rute kirab mulai dari Loji Gandrung Jalan Slamet, kemudian mengarah ke Jalan Diponegoro menuju Puro Mangkunegaran. Terdapat sembilan panggung hiburan yang didirikan selama kirab tersebut.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy menjelaskan, total ada 28 kuda dan 12 kereta kencana yang digunakan dalam prosesi kirab.

"Sementara diinapkan di Polresta Solo agar siap saat pelaksanaan kirab besok," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/10/123314478/kereta-kencana-untuk-kirab-pernikahan-kaesang-erina-di-solo-ternyata-milik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke