Salin Artikel

Unand Padang Kirim Tim Perawat untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

PADANG, KOMPAS.com - Universitas Andalas mengirimkan tim peduli tanggap bencana untuk membantu korban gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November lalu.

Tim yang terdiri dari enam orang perawat dari Fakultas Keperawatan ini akan bertugas selama enam hari di Cianjur, pada 4-10 Desember 2022.

"Kemarin kita kirim tim tanggap bencana Unand dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)," kata Rektor Unand, Yuliandri yang dihubungi Kompas.com, Senin (5/12/2022).

Yuliandri mengatakan, tim itu diketuai Gusti Sumarsih Agoes, SKp, M. Biomed dan beranggotakan Elvi Oktarina, M. Kep, Ns. Mahathir, M. Kep, Mohd Jamil, SKp, M. Biomed, Ns. Zafitra Patriorga. S. Kep dan Dr. Ns. Atih Rahayu Ningsih, M. Kep.

Yuliandri mengatakan, ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama atas bencana alam yang melanda Kabupaten Cianjur.

Menurut Yuliandri, kendati tim tanggap ini baru diberangkatkan bukan berarti terlambat.

“Ini dikarenakan Universitas Andalas sudah berkoordinasi dengan tim tanggap bencana nasional baik melalui BNPB dan jejaring yang ada,” kata Yuliandri.

Yuliandri menyebutkan tim bertugas untuk melihat pasca bencana, apakah ada hal yang mesti dibantu terkait pemulihan dan dampak lain yang terjadi setelah musibah.

Selain mengirimkan tim, Unand juga mengirimkan bantuan makanan seperti rendang, dan lainnya.

Yuliandri berharap bantuan ini dapat membantu mengurangi beban saudara-saudara di sana serta juga membantu tugas pemerintah dalam hal kesehatan.

Sementara itu Ketua LPPM Uyung Gatot mengatakan, hal ini sudah biasa dilakukan Universitas Andalas terkait bencana.

Sama halnya yang terjadi pada gempa di Pasaman dan juga Majene, Mamuju, Sulawesi Barat pada waktu yang lalu.

Uyung menyebutkan, Universitas Andalas disarankan untuk membantu perawatan luka setelah operasi, luka-luka ringan, bantuan psiko sosial dan bantuan sembako.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/05/155255978/unand-padang-kirim-tim-perawat-untuk-bantu-korban-gempa-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke