Salin Artikel

Hari Kelima Pencarian Pilot Helikopter AKP Arif Rahman Dilakukan Lewat Laut dan Udara

BANGKA, KOMPAS.com - Pencarian hari kelima AKP Arif Rahman Saleh, pilot helikopter P-1103 yang jatuh di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung dilakukan lewat laut dan udara.

Seluruh tim search rescue unit (SRU) telah menyebar di sektor yang ditentukan. Hingga Kamis (1/12/2022) pukul 13.00 WIB, keberadaan AKP Arif belum terdeteksi.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka mengatakan, upaya pencarian dilakukan secara paralel didukung sonar bawah laut.

Beberapa peralatan yang digunakan seperti aqua eye, MBES (Multi Beam Echo Sounder), SSS (Side Scan Sonar), Magnetometer dan ROV (Remotely Operated Vehicles).

"Tim SAR gabungan masih berupaya semaksimal mungkin untuk menemukan korban atas nama AKP Arif Rahman Saleh dengan membagi search area," kata Oka, Kamis.

Oka menuturkan, jika korban ditemukan akan dievakuasi menggunakan alat utama yang dikerahkan menuju RSUD Belitung Timur.

Sementara pantauan cuaca hari ini berdasar informasi BMKG akan hujan ringan dengan kecepatan angin 2-10 knot serta tinggi gelombang 0,5-1 meter.

Selain kapal survei KRI Spica, juga telah bergabung KRI Pulau Rangsang, Kapal Negara (KN) Belut Laut dan kapal bea cukai BC 9002.

Sebagian besar kapal yang terlibat operasi didatangkan dari dermaga sandar di Ketapang, Pangkalpinang.

Tim posko yang siaga berada di dermaga ASDP Manggar dan Pantai Burong Mandi. Kedua posko itu terpaut sekitar 15 kilometer.

Helikopter P-1103 jatuh di perairan Bukulimau saat dalam perjalanan dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menuju Tanjung Pandan, Belitung, Minggu (27/11/2022).

Ketika itu ada dua helikopter yang terbang beriringan. Satu helikopter lainnya selamat mendarat di Bandara Hanandjoeddin, Belitung. Sedangkan helikopter P-1103 diduga jatuh karena terjebak cuaca buruk berupa hujan lebat disertai petir.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/01/133308378/hari-kelima-pencarian-pilot-helikopter-akp-arif-rahman-dilakukan-lewat-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke