Salin Artikel

Gotong Royong Gelontorkan Bantuan Gempa Cianjur Senilai Rp 1,87 Miliar, Begini Pesan Ganjar untuk Relawan

Bantuan tersebut berasal dari pemerintah, lembaga dan instansi terkait, BUMD, badan usaha swasta hingga dunia usaha.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan agar tim gabungan yang berangkat agar menjaga kesehatan, kemandirian, dan kekompakan. Sehingga kedatangan relawan Jateng betul-betul meringankan derita korban.

Ganjar juga menyarankan agar tim relawan membantu asesmen. Khususnya pendataan kebutuhan yang belum terpenuhi seperti Hunian Sementara. Bila masih dibutuhkan, Jateng siap untuk mengirimkan bantuan susulan.

“Tapi seandainya (sudah) cukup ya kita akan backup lah. (Korban asal Jateng) sampai hari ini belum melaporkan. Hanya kemarin yang meninggal di Brebes ya, tapi kami udah komunikasi dengan ibu bupati pak wakil, sekda dan yang kemarin ada pungutan itu dan diganti,” katanya.

Ganjar mengapresiasi seluruh komponen masyarakat yang terlibat. Menurutnya urusan kemanusiaan semuanya bisa ikut berkontribusi.

“Tadi Solo ada tim dokternya, terus Demak ada tim rescue-nya, Kabupaten Semarang ada, Pramuka ikut hadir terus kemudian Boyolali umpama kasih satu mobil cold storage membawa sayuran segar, agar kemudian ini bisa manfaat,” ujarnya.

Kepala BPBD Jateng Bergas Catursasi merinci bantuan, sebesar Rp 1,48 miliar dibelanjakan untuk kebutuhan pokok dan perlengkapan di pengungsian. Sementara sisanya bantuan tunai sebesar Rp 387 juta.

“Untuk logistik permakanan, tidak hanya dewasa tapi juga anak-anak dan balita. Kemudian logistik pengungsian berupa pakaian tenda gulung terpal kasur selimut itu ada semua, termasuk mainan anak-anak,” kata Bergas.

Lebih lanjut, Ganjar berharap bantuan tersebut dapat meringankan korban bencana. Lalu mereka diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan saat ini.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/24/205119978/gotong-royong-gelontorkan-bantuan-gempa-cianjur-senilai-rp-187-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke