Salin Artikel

Gempa dan Tsunami di Zona Megathrust Ancam Pantai Selatan, Ini Imbauan Ganjar

Mewaspadai hal itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengimbau warga agar mulai memperhatikan konstruksi bangunannya untuk didesain tahan bencana.

Hal itu disampaikan Ganjar usai melepas tim relawan gabungan dan bantuan untuk korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, di halaman Kantor Pemprov Jateng, Kamis (24/11/2022).

“Kalau yang di sekitar Kebumen dan seterusnya itu sudah kami siapin dengan desa tangguh bencana, terus kemudian kami sudah mencoba menanam cemara laut dan sudah tinggi-tinggi,” kata Ganjar kepada Kompas.com.

Penanaman itu telah dilakukan bersama BNPB dan BMKG.

Begitu pula edukasi kepada masyarakat dengan melakukan simulasi juga telah dilaksanakan.

Ganjar menilai, konstruksi bangunan tahan bencana menjadi penting untuk menghadapi ancaman tersebut.

“Di wilayah itu konstruksi bangunan sekarang mesti betul-betul tahan bencana, maka kalau dari dinas PUPR yang ngurusi perumahan, kami mengharapkan edukasi,” ucap Ganjar.

Pihaknya akan melakukan edukasi masyarakat di sekitar Pansela agar memahami hal itu.

Ia berharap organisasi dan pengusaha di sektor konstruksi seperti REI juga turut mengedukasi masyarakat.

“Kayak kontraktor, penyedia jasa atau REI yang punya ilmu untuk membangun rumah itu, tolong sekarang mulai memasukkan ilmunya tentang bagaimana membuat bangunan yang tahan bencana,” kata dia.


Ganjar terpikirkan untuk mengikuti teknologi yang diterapkan di Jepang. Sehingga bangunan-bangunan di wilayah rawan bisa lebih tahan bencana.

“Dalam hal yang sudah jadi, itu teknologi yang di Jepang semua disuntik dengan peralatan sehingga mereka konstruksinya jauh lebih kuat. Ini penting untuk disampaikan ke warga yang ada di sana,” ujar dia.

Tak kalah penting, instrumen dan sarana pendukung pencegahan atau kewaspadaan bencana juga harus disiapkan dan diawasi agar tak dicuri.

“Early warning system juga mesti ada, kedua dipelihara jangan dicolong sehingga kemudian masyarakat betul-betul akan mendapat perhatian dan Insya Allah kita bisa mengantisipasi. Sambil tentu kami menunggu dari informasi geologis yang berkembang terus,” pungkas dia.

Sebagai informasi, megathrust adalah jenis gempa antar lempeng terkuat di bumi yang dapat menghasilkan energi besar dan merusak di permukaan.

Cilacap merupakan daerah yang berada di garis Pantai Selatan Jawa dan menghadap langsung dengan zona tumbukan lempeng, antara lempeng Samudera Hindia dengan lempeng Eurasia.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/24/201913778/gempa-dan-tsunami-di-zona-megathrust-ancam-pantai-selatan-ini-imbauan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke