Salin Artikel

Banjir, Akses Jalan Nasional Padang-Bengkulu di Pesisir Selatan Putus

PADANG, KOMPAS.com - Akses jalan nasional Padang-Bengkulu macet total akibat banjir di Nagari Duku, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rabu (23/11/2022).

Banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak pagi menyebabkan badan jalan digenangi air dengan ketinggian mencapai setengah meter.

"Hujan deras sejak pagi menyebabkan banjir. Akses jalan terganggu akibat banjir itu di Duku," kata Kepala BPBD Pesisir Selatan, Doni Gyzrizal yang dihubungi Kompas.com, Rabu.

Doni mengatakan, air banjir mulai naik sejak pukul 14.00 WIB dan kemungkinan bisa bertambah karena hujan masih turun.

Kemacetan terjadi hingga 2 kilometer dari arah Padang maupun Painan, sebab jalur tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan Padang-Painan.

"Betul macet panjang. Kita tidak bisa berbuat apa-apa sebab ini merupakan akses utama. Kendaraan roda dua maupun empat tidak bisa lewat. Kita berharap segera airnya susut," kata Doni.

Menurut Doni, saat ini pihaknya menyiagakan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga jika air semakin meninggi.

"Kita siagakan. Sekarang belum ada warga yang dievakuasi karena air baru mencapai jalan, belum ke pemukiman," kata Doni.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/23/160100178/banjir-akses-jalan-nasional-padang-bengkulu-di-pesisir-selatan-putus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke