Salin Artikel

Gempa 5,5 M di Kupang Dirasakan hingga Rote Ndao dan Timor Tengah Selatan

Kepala Stasiun Geofisika Kupang Margiono, mengatakan, gempa tersebut, dirasakan di Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

"Guncangan dirasakan di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Rote Ndao II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu," ungkap Margiono, kepada Kompas.com, Minggu malam.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya lanjut Margiono, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas tumbukan lempeng Australia dan Busur Banda.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Gempa ini juga kata dia, tidak berpotensi tsunami. "Hingga pukul 22.15 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock)," kata dia.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," ujar dia.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (20/11/2022) malam.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa terjadi pada pukul 21.49 Wita.

Lokasi gempa bumi terletak pada 10,57 derajat lintang selatan dan 123,86 derajat bujur timur.

Pusat gempa bumi berada pada 51 kilometer arah tenggara, Kota Kupang, dengan kedalaman 49 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/20/215708778/gempa-55-m-di-kupang-dirasakan-hingga-rote-ndao-dan-timor-tengah-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke