Salin Artikel

Tegur Mahasiswa Bau Badan, Dosen USK Aceh: Kuliah adalah Majelis Ilmu yang Mulia

KOMPAS.com - Ketua Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala (USK), Dr Laina Hilma Sari, mengeluarkan surat panduan merawat ketiak bagi para mahasiswanya, Kamis (17/11/2022).

Surat tersebut dikeluarkan menyusul adanya keluhan dari banyak dosen yang merasa terganggu akibat sejumlah mahasiswa bau badan.

"Jurusan sangat mengharapkan mahasiwa harus memperhatikan kebersihan dan aroma tubuh ketika proses kegiatan belajar di kampus," tulis Laina dalam suratnya.

Dalam surat tersebut, pihak jurusan membagikan tips kepada mahasiswanya untuk mencegah atau mengurangi bau badan.

Adapun tips itu di antaranya mandi teratur, gunakan sabun mandi antibakteri, mengeringkan badan dengan baik, pemilihan pakaian dengan bahan sejuk, mengganti pakaian luar dan dalam secara rutin, dan mengurangi makanan berminyak serta bawang.

"Mohon peringatan ini diperhatikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," lanjutnya.

Selain persoalan bau badan secara keseluruhan, Laina dalam suratnya juga meminta agar para mahasiswa memperhatikan kesehatan serta kebersihan ketiak.

Menurutnya, sejumlah cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan ketiak, seperti menggunakan daun sirih, cuka apel, baking soda, jus lemon, tea tree oil, dan menggunakan antiperspirant.

Selain itu, dia menambahkan, mahasiswa pun diimbau untuk menghentikan kebiasaan merokok yang disebut dapat mempengaruhi bau badan, serta menghindari penggunaan deodoran secara berlebihan.

Alasan penerbitan surat

Laina menjelaskan, tujuan surat pemberitahuan itu diedarkan adalah untuk menjaga kegiatan perkuliahan tetap berjalan dengan baik.

“Kuliah adalah majelis ilmu yang mulia yang harus kita jaga dengan kebersihan hati dan jasad," ujar Laina kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

"Jadi ini menjadi nasihat untuk anak-anak (mahasiswa) di jurusan kami, dan termasuk untuk kami juga para pengajar," imbuhnya.

Laina menegaskan, dia sebagai pemimpin jurusan berhak memberi nasihat kepada seluruh pihak di lingkungan internal kampus.

Dia juga berharap, surat pemberitahuan yang telah dikeluarkannya itu bisa berdampak baik untuk semua pihak.

"Saya memohon maaf bila ada yang tidak berkenan dengan surat ini," pungkasnya.

Penyebab bau ketiak

Seperti dikutip sains.kompas.com dari Science Daily, Selasa (28/7/2020), peneliti dari University of York, Michelle Rudden, mengatakan bahwa bau ketiak berasal dari enzim unik yang diproduksi oleh bakteri tertentu di bagian tubuh tersebut.

Ketiak memang memiliki berbagai jenis bakteri yang merupakan bagian dari mikrobioma kulit alami manusia.

Akan tetapi, dia mengungkapkan, Staphylococcus hominis, disebut sebagai mikroba utama penyebab bau badan.

"Memecahkan struktur enzim bau badan ini adalah kunci dalam memahami bagaimana bau tubuh bekerja," ucap Michelle.

"Selain itu, memungkinkan kami untuk mengembangkan inhibitor seperti deodoran yang ditargetkan untuk menghentikan produksi bau badan pada sumbernya tanpa mengganggu mikrobioma ketiak," lanjutnya.

Meski begitu, dia menuturkan, bau badan bukan hanya dialami oleh manusia modern, sebab bakteri tersebut ditemukan pada manusia yang hidup jauh sebelum munculnya homo sapiens.

Bau badan, menurut peneliti, bisa saja berperan penting dalam perkembangan umat manusia, misalnya sebagai alat komunikasi bagi manusia terdahulu.

Penelitian ini membuka mata bahwa enzim pembentuk bau hanya terdapat pada beberapa bakteri di ketiak dan telah berevolusi selama puluhan juta tahun yang lalu," tukas peneliti lain, Gordon James.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar, Kontributor Sains, Monika Novena | Editor: Reni Susanti, Gloria Setyvani Putri)

https://regional.kompas.com/read/2022/11/18/125428978/tegur-mahasiswa-bau-badan-dosen-usk-aceh-kuliah-adalah-majelis-ilmu-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke