Salin Artikel

Anies Tak Kunjung Dapat Cawapres, Demokrat Babel Fokus Garap Caleg

BANGKA, KOMPAS.com - Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Demokrat Kepulauan Bangka Belitung masih menahan diri untuk sosialisasi Pemilu Presiden 2024 karena masih menunggu deklarasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal diusung.

Saat ini Demokrat Bangka Belitung telah menerima nama calon presiden yakni Anies Baswedan. Namun untuk calon wakil presiden belum ada kejelasan.

"Kalau untuk Capres kita sudah dapat yakni Anies. Sementara wakilnya kan masih pembahasan. Dari Demokrat ada Ketum AHY dan PKS mengusulkan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan," kata Ketua DPD Demokrat Bangka Belitung Rudi Kadarisman kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Sembari menunggu arahan terkait Pemilu Presiden, pengurus daerah saat ini fokus pada pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

"Jika Anies mau turun untuk sosialisasi tentu kita ikut, tapi saat ini daerah sedang pendaftaran caleg juga," ujar Rudi.

Menurut Rudi, pengurus daerah tetap menjagokan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk posisi wakil presiden.

Sosok AHY dinilai sejalan dengan tiga kriteria yang sempat disampaikan Anies Baswedan yakni elektabilitas, memperkuat koalisi, dan menjaga stabilitas.

Bursa pencalonan Anies sebagai capres saat ini ditopang tiga partai politik yakni NasDem, Demokrat, dan PKS. Namun ketiganya belum mendeklarasikan secara resmi terkait koalisi maupun capres/cawapres.

Rencana deklarasi pada 10 November 2022 batal dilaksanakan karena belum ada kesepakatan dari masing-masing partai.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/17/212436678/anies-tak-kunjung-dapat-cawapres-demokrat-babel-fokus-garap-caleg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke