Salin Artikel

Hujan Disertai Angin Kencang di Lombok Tengah, Puluhan Rumah Rusak

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Puluhan rumah di Desa Loang Maka, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), rusak akibat diterjang hujan disertai angin kencang, Rabu (16/11/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah, Ridwan Ma’ruf mengungkapkan, angin kencang tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 Wita.

"Rumah yang rusak ada puluhan, tapi yang rusak parah itu ada 11 rumah, hingga atapnya diterbangkan dan genteng-genteng berjatuhan," ungkap Ridwan melalui sambungan telepon.

Saat ini, pihaknya telah terjun ke lapangan untuk melakukan evakuasi dan melakukan pendataan kerusakan dan kebutuhan masyarakat terdampak.

"Anggota kami sudah turun melakukan asesmen, jadi yang dibutuhkan sekarang seperti selimut, mi instan dan kebutuhan pokok lainnya," kata Ridwan.

Saat ini, warga yang rumahnya rusak akibat angin kencang tersebut mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga.

"Masyarakat mengungsi di rumah keluarga atau tetangga terdekat, yang rumahnya terdekat. Tapi kalau tenda dibutuhkan kami akan siapkan," kata Ridwan.

Sejauh ini, pihaknya belum mendata kerugian yang dialami oleh masyarakat. Sebab, pendataan masih belum selesai dan akan dilanjutkan besok.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainul Abdul Majid mengumumkan peringatan dini cuaca ekstrem di sebagian wilayah NTB terhitung sejak 14 sampai 16 November 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/16/205421078/hujan-disertai-angin-kencang-di-lombok-tengah-puluhan-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke