Salin Artikel

KTT G20 di Bali, Penumpang Tak Bawa Identitas Diminta "Balik Kanan" di Pelabuhan Lembar

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Surahman mengatakan, penumpang yang tak membawa identitas, seperti kartu tanda penduduk (KTP), akan diminta "balik kanan".

“Hanya saja, kami mengingatkan kepada Masyarakat pengguna jasa penyeberangan, untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Saat akan melakukan penyeberangan dari Lembar menuju Padangbai Bali, terutama terkait dengan kelengkapan identitas diri,” kata Irvan melalui sambungan telepon, Selasa (15/11/2022).

Irvan menjelaskan, langkah itu untuk memudahkan calon penumpang. Sehingga, calon penumpang tak melakukan perjalanan sia-sia.

“Agar mempersiapkannya dengan baik, untuk mencegah terjadinya penolakan bila tiba di pelabuhan tujuan. Sehingga lebih baik kami lebih memperketat melakukan pemeriksaan di Pelabuhan asal (Lembar), untuk mencegah terjadinya hal tersebut,” kata Irvan.

“Sehingga dalam pemeriksaan tersebut, bila menemukan masyarakat pengguna jasa penyeberangan yang tanpa identitas, menyarankan kembali untuk melakukan pengurusan dokumen identitas diri,” kata Irvan.

Petugas, kata Irvan, tetap menerapkan cara preemtif dan preventif dalam menindak pelanggaran.

“Adapun sasarannya meliputi pemeriksaan identitas diri dari pengguna jasa, pemeriksaan surat-surat kendaraan, serta pemeriksaan barang muatan kendaraan,” kata Irvan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, terdapat beberapa penumpang yang tak membawa identitas diri. 

Petugas terpaksa meminta calon penumpang itu kembali ke daerah asal untuk mengambil identitas yang sedang diurus,

“Sebagian besar masyarakat mengerti akan hal ini, sehingga memilih kembali untuk mengurus dokumen identitas diri terlebih dahulu. Kemudian akan kembali menyeberang setelah kepengurusannya selesai,” kata Irvan.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/15/163854778/ktt-g20-di-bali-penumpang-tak-bawa-identitas-diminta-balik-kanan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke