Salin Artikel

Soal Pasangan Cawapres pada Pilpres 2024, Begini Kata Anies Baswedan

SOLO, KOMPAS.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Nasdem untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Sampai saat ini, belum ada bakal calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai cocok mendampingi Anies, meski beberapa nama sempat masuk radar Nasdem.

Seperti Andika Perkasa (Panglima TNI), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), dan Yenny Wahid (putri Presiden ke-4 RI).

Anies mengatakan, proses pemilu masih panjang. Mengenai cawapres dirinya masih akan dibahas setelah koalisi selesai.

"Masih panjang (prosesnya). Koalisinya saja belum selesai. Nanti koalisinya dulu selesai kemudian baru tahap berikutnya. Masih panjang," kata Anies, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (15/11/2022).

"Media saja yang ramai. Ini siapa, ini siapa, kita malah masih santai," ungkap Anies.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengungkap, sejumlah nama calon wakil presiden yang disiapkan Nasdem untuk mendampingi Anies Baswedan yang diusung sebagai calon presiden (capres).

“Banyaklah (figur cawapres) yang sudah muncul itu, yang jelas seperti Andika (Panglima TNI Andika Perkasa), Khofifah (Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa), Yenny Wahid itu masuk dalam radar kita,” tutur Hermawi pada wartawan, Rabu (5/10/2022).


Namun, kata dia, ketiga nama itu masih harus dibicarakan terlebih dulu dengan Anies serta partai politik yang akan bergabung ke dalam koalisi kelak.

“Tentu partai-partai koalisi kumpulkan (bakal cawapres) baru nanti persetujuan Pak Anies,” ucapnya.

Menurut dia, dua parpol, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sudah hampir pasti menyetujui pengusungan Anies sebagai capres.

Namun, ia mengeklaim, koalisi belum terbentuk hingga kini karena adanya persoalan teknis.

“Kita sudah punya capres, kita harapkan dalam waktu dekat partai koalisi kita mengikuti jejak kita. Karena kemarin itu itu ada hambatan teknis, bukan tidak mau,” paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/15/130803378/soal-pasangan-cawapres-pada-pilpres-2024-begini-kata-anies-baswedan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke