Salin Artikel

WSBK 2022, Basarnas Siagakan Helikopter Dauphin untuk Evakuasi Udara

Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit mengatakan, helikopter ini digunakan untuk mengevakuasi pembalap jika terjadi kecelakaan.

"Helikopter digunakan untuk evakuasi udara dari sirkuit menuju RSUP NTB jika terjadi kecelakaan terhadap pembalap," kata Nanang Sigit, melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/11/2022).

Jarak tempuh dari Sirkuit Mandalika menuju RSUD Provinsi NTB melalui udara membutuhkan waktu sekitar 12 menit.

Setelah sukses menyelenggarakan WSBK pada 2021 dan MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah ajang balapan WSBK 2022 pada 11-13 November 2022.

Selain helikopter, Kantor SAR Mataram juga menerjunkan ratusan personel beserta peralatan seperti kendaraan operasional, kapal Rescue Boat 220 Mataram, Rigit Inflatable Boat (RIB), perahu karet, alat ekstrikasi, dan peralatan pendukung lainnya.

Para personel SAR disiagakan di sekitar area sirkuit, medical center, posko terpadu bencana, Pantai Seger, Pantai Kuta, Pos Siaga SAR Kuta Mandalika, RSUP NTB, Pelabuhan Lembar, Bangsal, dan Kayangan.

Siaga SAR khusus ini tidak hanya untuk penanganan pembalap, tetapi juga para penonton atau wisatawan yang membutuhkan pelayanan di bidang SAR.

"Di samping melaksanakan pengamanan WSBK, kita juga melakukan siaga G20 untuk wilayah perairan," jelas Nanang.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/12/093147778/wsbk-2022-basarnas-siagakan-helikopter-dauphin-untuk-evakuasi-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke