Salin Artikel

Borobudur Marathon 2022, Upaya Menggalang Kekuatan Ekonomi Masyarakat Setelah Pandemi

Event yang sudah berlangsung sejak 2017 itu juga digadang-gadang mampu membangkitkan kembali perekonomian masyarakat setelah dihantam pandemi Covid-19.

Tahun ini, peserta Borobudur Marathon mencapai 4.600 orang, dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tidak sekadar datang untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, tetapi juga berwisata dan berbelanja.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan, Borobudur Marathon menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Banyaknya peserta yang berpartisipasi bisa mendongkrak perekonomian.

"Ini menjadi kesempatan untuk menggalang kekuatan ekonomi masyarakat sekitar. Kalau tidak ada pandemi kita akan lebih bagus. Setiap penyelenggaraan Borobudur Marathon mampu mencakup transaksi hingga sekitar Rp 30 miliar, kalau tahun ini sama maka akan menjadi sesuatu yang luar biasa," ungkap pria yang akrab disapa Nano itu di Hotel Artos Magelang, Jumat (11/11/2022).

Menurutnya, manfaat ekonomi dari Borobudur Marathon tidak hanya dirasakan oleh masyarakat perkotaan tetapi juga sampai ke desa. Bahkan, pelaku UMKM di Candi Borobudur dan sekitarnya sudah kebanjiran pesanan sebulan sebelum pelaksanaan Borobudur Marathon.

"Berkat Borobudur Marathon, UMKM naik kelas. Kami tidak hanya memberikan training untuk peserta Borobudur Marathon, tapi juga kepada pelaku UMKM, kuliner, dan sebagainya," ucap Nano.

Selanjutnya, kata Nano, kompetisi olahraga lari yang diorganisasi Harian Kompas dan Yayasan Borobudur Marathon ini juga akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain.

Pada gelaran ini, ada pula bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi, yang akan menggerakkan perekonomian.

Semangat untuk bangkit itu selaras dengan tagline “Stronger to Victory” yang diusung Borobudur Marathon 2022. Hal ini sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai bidang pasca-pandemi.

“Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan, kali ini peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak bersama-sama membawa energi positif untuk menjadi lebih kuat dan menyongsong kemenangan dalam arti luas,” ujar Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo.

Pasar Harmoni adalah bazar kriya dan kuliner dari UMKM Magelang yang tergabung dalam kelompok Pawone.

Sejak 2019, Harian Kompas menggagas inisiatif Pawone. Anggota Pawone diseleksi, lalu diberikan pendampingan. Produk-produk mereka di Borobudur Marathon, yang menjadi etalase kecil akan kekayaan budaya lokal.

Sebanyak 22 UMKM lokal dari kelompok Pawone berpartisipasi dalam Borobudur Marathon 2022, terdiri atas 13 pelaku usaha kuliner dan sembilan pelaku usaha kriya.

Pasar Harmoni digelar di Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November 2022 dan Race Expo yang dilangsungkan di Ballroom Grand Artos Hotel & Convention pada 11–12 November 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/12/071347178/borobudur-marathon-2022-upaya-menggalang-kekuatan-ekonomi-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke