Salin Artikel

Asosiasi Bupati Papua Pegunungan: Provinsi Baru Ini sebagai Jembatan Emas

JAYAPURA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Bupati Papua Pegunungan, Didimus Yahuli mengatakan, pihaknya mendukung penunjukan Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, yang baru saja dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Atas nama Ketua Asosiasi Bupati Papua Pegunungan kami mengucapkan syukur karena hari ini secara de facto dan de jure telah disahkan 3 provinsi baru di Papua, salah satunya Provinsi Papua Pegunungan," katanya saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon selulernya, Jumat (11/11/2022).

Menurut Bupati Yahukimo ini, kehadiran 3 provinsi baru di Papua merupakan sebuah berkat besar bagi masyarakat Papua, terutama masyarakat di Papua Pegunungan.

"Kita belajar dari pemekaran kabupaten di wilayah Papua Pegunungan, di mana ada tingkat kesejahteraan bagi rakyat di daerah bisa dilakukan," tuturnya.

Oleh karena itu, Didimus optimistis adanya Provinsi Papua Pegunungan akan meningkatkan pembangunan infrastruktur maupun sektor-sektor lain yang ada di setiap kabupaten di Papua Pegunungan.

"Kami bersyukur, karena provinsi baru ini sebagai jembatan emas, juga sebagai berkat besar dari Tuhan yang harus kami syukuri," ucapnya.

Didimus menyebut, semua bupati di Papua Pegunungan akan hadir menyambut penjabat gubernur Papua Pegunungan.

"Kami menyambut baik Provinsi Papua Pegunungan dan penjabat gubernur yang baru saja dilantik. Kami akan bawa ke Wamena atau Jayawijaya yang merupakan ibu kota provinsi untuk bersyukur dan merasakan bersama-sama dengan masyarakat," ujar alumnus Universitas Cenderawasih ini.

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan 3 provinsi baru di Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Tito juga melantik penjabat gubernur di provinsi baru tersebut. Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/11/162225778/asosiasi-bupati-papua-pegunungan-provinsi-baru-ini-sebagai-jembatan-emas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke