Salin Artikel

Bentangkan Bendera 1.001 Meter, Kirab Merah Putih di Jateng Pecah Rekor Lepdrid

Dengan total 11.400 peserta terbanyak yang membawa 7.000 panji merah putih dari bambu runcing, kirab ini memecahkan rekor baru di Lepmaba Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

“Ini menjadi prestasi yang inspiratif semangatnya untuk menanamkan nilai kepahlawanan terhadap pelajar dan kawula muda,” kata Ketua Umum Leprid Paulus Pangka kepada Kompas.com, Kamis (10/11/2022).

Berbagai elemen masyarakat mulai dari ribuan pelajar, mahasiswa, HKTI, ormas, ASn, pengusaha, TNI Polri, tokoh budaya dan pembesar agama, merapatkan barisan untuk mengikuti Upacara Hari Pahlawan.

Ketua penyelenggara kirab Adhi Siswanto Wisnu Nugroho mengatakan, bendera tersebut pernah dibentangkan di Istana Negara di Jakarta.

Dengan persiapan selama 3 minggu dan melibatkan puluhan penjahit dari 24 provinsi di Indonesia, kirab tersebur berhasil digelar dan disaksikan Bersama jajaran pejabat. Tak terkecuali Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Panjang bendera 1.001 meter ini merupakan kode kebangsaan yang memiliki latar belakang sejarah pahlawan. Inisiatornya Habib Luthfi,” kata Adhi.

Kirab dimulai dari Balai Kota Semarang menuju Jalan Pemuda. Kemudian bermuara ke Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang ke lokasi upacara.

Sepanjang kurang lebih 2 kilometer, ribuan peserta dari berbagai kalangan ikut membentangkan bendera ibu pertiwi itu hingga mengitari Simpang Lima.

Pada momen hari bersejarah itu Ganjar secara simbolis juga meresmikan Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Jawa Tengah yang diterima langsung oleh kelompok Cipayung Jateng.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/10/152944278/bentangkan-bendera-1001-meter-kirab-merah-putih-di-jateng-pecah-rekor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke