Salin Artikel

Detik-detik Longsor di Agam Tewaskan 3 Warga, Korban Sedang Kerja Tiba-tiba Tanah Runtuh

PADANG, KOMPAS.com - Longsor terjadi di Muaro Tantang, Jorong Padang Koto Gadang, Nagari Salareh Aia, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (8/11/2022) sore.

Akibatnya empat orang warga tertimbun material longsor. Tiga di antaranya ditemukan meninggal dunia dan satu orang selamat tetapi kondisinya sekarang masih kritis.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur menceritakan kronologi detik-detik terjadinya longsor.

Menurut Rumainur, longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB saat hujan di lokasi kejadian cukup tinggi intensitasnya.

"Saat itu korban dilaporkan masih bekerja memasukkan tanah timbunan ke dalam truk," kata Rumainur kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2022).

Rumainur mengatakan, korban yang sedang asyik bekerja dikejutkan dengan runtuhnya tanah di tebing tempat mereka bekerja dan kemudian menimpanya.

"Hujan cukup lebat, namun mereka tetap bekerja memasukkan tanah timbunan ke dalam truk. Saat itu tiba-tiba longsor menimpa mereka," jelas Rumainur.

Menurut Rumainur, warga yang melihat kejadian kemudian melaporkan kepada wali nagri atau kepala desa Salareh Aia.

"Kemudian dilaporkan ke BPBD sekitar pukul 16.00 WIB. Lalu tim turun ke lokasi kejadian," kata Rumainur.

Proses pencarian dilakukan saat itu dan berhasil menemukan tiga korban, masing-masing A (25) dan I (40) dalam keadaan meninggal dunia. Sedangkan satu korban yang selamat F (22).

"Sementara satu korban lainnya D (30) saat itu belum ditemukan sehingga dilakukan pencarian hari ini dan akhirnya ditemukan pada pukul 11.00 WIB dalam keadaan meninggal dunia," jelas Rumainur.

Untuk korban meninggal dunia, kata Rumainur sudah dibawa ke rumah duka. Sedangkan korban yang selamat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/09/172619178/detik-detik-longsor-di-agam-tewaskan-3-warga-korban-sedang-kerja-tiba-tiba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke