Salin Artikel

Jurnalis Malang Raya Tampilkan Kumpulan Foto Tragedi Kanjuruhan, Dibentangkan di Stadion

Foto-foto itu dicetak dalam bentuk banner berukuran 1,5 × 37 meter dan dibentangkan di salah satu sisi halaman Stadion Kanjuruhan.

Koordinator Pameran, Fajar Agastya foto-foto yang dipamerkan meliputi karya para jurnalis Malang Raya yang sudah terpublikasi maupun belum terpublikasi di media masing-masing.

Foto-foto itu menggambarkan tragedi Kanjuruhan saat hari H terjadinya kerusuhan.

Ada sekitar 50 foto yang dicetak dan dikumpulkan dalam satu cetakan banner itu.

Terlihat foto-foto itu menampilkan wajah polisi yang melepaskan gas air mata, oknum TNI melakukan pemukulan, kondisi kepanikan di salah satu tribun Stadion Kanjuruhan, serta kondisi tubuh para korban imbas tragedi maut tersebut.

"Pameran ini bertujuan sebagai bentuk solidaritas kami sebagai jurnalis kepada para korban tragedi Kanjuruhan, sekaligus merawat ingatan kita tentang tragedi kemanusiaan," ungkapnya saat ditemui, Rabu (9/11/2022).

Ia berharap, masyarakat bisa melihat peristiwa tragedi yang menewaskan 135 orang itu dari sudut pandang awak media.

"Aksi ini murni atas inisiatif masing-masing personal jurnali di Malang Raya yang berasal dari lintas bidang peliputan berita, lintas media hingga lintas organisasi," terangnya.

Selanjutnya, menurut Fajar para jurnalis Malang Raya juga juga akan melakukan aksi-aksi lain.

Di antaranya pembuatan film dokumenter tentang tragedi Kanjuruhan bagi jurnalis televisi, pembuatan buku dari kumpulan narasi berita jurnalis media online dan cetak, serta pameran karya foto jurnalistik lain dari pewarta foto.

"Semoga dengan cara ini, kami dapat berkontribusi dalam mendokumentasikan cerita-cerita tersendiri atas tragedi Kanjuruhan, dan bisa disimak oleh publik," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/09/133131278/jurnalis-malang-raya-tampilkan-kumpulan-foto-tragedi-kanjuruhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke