Salin Artikel

Paling Unggul, Sektor Pertanian Jateng Serap 324.000 Tenaga Kerja

Jumlah itu mengungguli penyerapan tenaga kerja di sektor perdagangan sebanyak 94.000 orang. Lalu, industri pengolahan sejumlah 71.000 orang.

Mengingat Jateng menjadi salah satu penyangga pangan nasional, Kepala BPS Jateng Adhi Wiriana menyebut ini sesuatu yang menggembirakan.

"Ini cukup menggembirakan, kita harap semakin banyak petani milenal, ini menandakan ketahanan pangan kita semakin baik," kata Adhi dalam rilis daring, Senin (7/11/2022).

Sementara itu, data BPS Jateng mengungkapkan lapangan usaha jasa perusahaan lalu pertambangan dan penggalian turun, masing-masing sebanyak 20.000 orang dan 19.000 orang.

Menurutnya, serapan tenaga kerja di sektor pertanian, tidak lepas dari upaya Pemprov Jateng menggenjot ketahanan pangan di sektor usaha tani.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebelumnya mengajak anak muda kembali ke ladang dan sawah dengan menerapkan pertanian modern. Kemudian mengajak badan riset seperti BRIDA dan para ilmuwan untuk ikut mengembangkan tanaman pangan yang unggul.

Para petani juga difasilitasi pupuk organik untuk perbaikan struktur tanah agar lebih subur. Lalu, pemberian benih unggul dan bersertifikat serta alsintan guna mendukung percepatan dan efisiensi dalam kegiatan usaha tani.

Faktor SDM juga sangat menentukan dalam pencapaian target produksi sehingga kompetensi petani dan petugas terus ditingkatkan.

Lalu, upaya pendampingan dalam pengamanan pertanaman oleh petugas pengamat organisme pengganggu tanaman (OPT) melalui peramalan, pengendalian OPT dilakukan.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/08/112810578/paling-unggul-sektor-pertanian-jateng-serap-324000-tenaga-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke