Salin Artikel

Kali Cibarengkok Meluap, Kompleks Perumahan di Bogor Kebanjiran

Banjir terjadi lantaran meluapnya Kali Cibarengkok akibat hujan deras sejak Jumat (4/11/2022).

Staff Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, beberapa rumah warga terendam banjir dengan ketinggian mencapai 100 sentimeter.

Akibatnya, 80 KK atau 325 jiwa terdampak. Banjir itu juga merendam fasilitas umum, masjid, dan posyandu.

"Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya aliran Kali Cibarengkok sehingga mengakibatkan banjir ke permukiman warga dengan ketinggian air kurang lebih 100 sentimeter," kata Jalal saat dikonfirmasi, Sabtu.

Kali Cibarengkok tersebut meluap ke permukiman warga sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari. Hal tersebut menyebabkan sejumlah warga melakukan evakuasi secara mandiri.

"Korban terdampak rumah di Blok A dan Blok B RT 02/14 diisi 80 KK terdiri 325 jiwa dan rata-rata korban mengungsi ke rumah saudara," ujarnya.


Jalal mengatakan, sejumlah warga sudah melakukan evakuasi mandiri. Beberapa warga mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman.

Namun masih ada warga yang bertahan di rumah masing-masing. Saat ini, banjir di kawasan pemukiman padat penduduk itu perlahan surut.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah dilakukan asesmen, evakuasi, serta edukasi kebencanaan dan imbauan kepada masyarakat untuk mengantisipasi banjir serupa di beberapa wilayah.

Sebab, sampai saat ini hujan deras masih mengguyur.

"Dari hasil analisis perlu penanganan lebih lanjut oleh dinas terkait," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/05/162429678/kali-cibarengkok-meluap-kompleks-perumahan-di-bogor-kebanjiran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke