Salin Artikel

10 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Sidrap Sulawesi Selatan

Sebanyak 10 rumah di Desa Sumpang Mango, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap porak-poranda akibat terjangan angin.

“Angin puting beliung itu terjadi dari arah utara mengarah ke timur, kemudian puting beliung itu kembali mengarah ke utara dan menerjang permukiman warga,“ kata Lemang, warga desa Sumpang Mango, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Sabtu (5/11/2022).

Lemang menjelaskan, angin puting beliung mulanya mengitari area persawahan.

Setelah itu angin beralih hingga menghantam pemukiman dan memporak-porandakan puluhan rumah warga.

“Rumah kami rusak parah di bagian atap. Tak satu pun atap yang tertinggal akibat kejadian itu. Atap seng saya sebagian lenyap terbawa angin, dan sebagian atap seng itu saya dapat 200 meter dari rumah kami,“ kata Lemang.

Sementara itu, pihak pemerintah Desa Sumpang Mango, bersama aparat Koramil dan Polsek setempat membantu warga.


“Dari data kami ada sepuluh rumah warga yang terdampak puting beliung, dua di antaranya mengalami rusak parah dengan kondisi tanpa atap. Kita juga menerima laporan ada satu pakbrik beras yang juga atapnya rusak diterjang puting beliung,“ ujar Kepala Dusun III Desa Sumpang Mango, Anas.

Pihak pemerintah Desa Sumpang Mango, kini masih terus melakukan pedataan, dan segera mengusulkan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Sidrap.

“Warga yang terdampak sangat membutuhkan tenda untuk menutup sementara atap seng mereka yang rusak diterjang puting beliung. Perbekalan makanan juga sangat dibutuhkan. Sementara warga yang terdampak kini mengungsi ke rumah warga yang tidak terdampak,“ papar Anas. 

https://regional.kompas.com/read/2022/11/05/150244378/10-rumah-rusak-diterjang-angin-puting-beliung-di-sidrap-sulawesi-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke