Salin Artikel

Saat Danrem Lihat Pesawat Komersil Angkut Bahan Makanan ke Wilayah yang Dihuni KKB...

Lokasi tersebut diduga kuat dihuni oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal ini ia ketahui setelah dirinya mendapat laporan dari jajaran.

Danrem juga menyaksikan langsung sebuah pesawat mendarat di lokasi yang dimaksud ketika mendatangi Distrik Kiwirok, pada Kamis (3/11/2022).

“Saya sempat memimpin langsung patroli disana. Pada pukul 07.00 WIT saya melihat ada pesawat komersil membawa bahan makanan di sana. Padahal daerah itu dihuni oleh kelompok KKB,” ujar Danrem yang akrab disapa Jo, melalui keterangan tertulis, Sabtu (5/11/2022).

Sementara aktivitas di Kampung Kiwirok yang merupakan ibu kota dari Distrik Kiwirok tetap lumpuh karena warganya masih mengungsi di Distrik Oksibil.

Kekosongan di Kampung Kiwirok dikarenakan ulah KKB yang menyerang dan membakar sejumlah fasilitas umum di wilayah tersebut pada September 2021.


Jo menegaskan, setelah kejadian pada tahun lalu tersebut, aparat kesulitan menyewa pesawat komersial untuk terbang ke Kiwirok.

Tetapi ia heran mengapa justru ada penerbangan ke Kampung Kukihil yang fasilitas lapangan terbangnya kurang bagus dibandingkan dengan yang ada di Kiwirok.

“Kenapa TNI/Polri meminta pesawat komersil masuk pihak maskapai enggan melayani karena alasan keamanan. Nah saya lihat sendiri mereka mendarat di Kampung Kukihil. Dari laporan anggota kami ini bukan pertama kali, tangga 17 Oktober lalu ada, bulan Juli ada dan bulan Mei juga ada. Berarti pesawat ini kerap medarat di Kukihil," tutur Jo.

Ia mengaku sudah sempat menanyakan hal tersebut kepada Bupati Pegunungan Bintang dan diketahui dari pemerintah daerah hanya satu kali menyewa pesawat untuk terbang ke Kampung Kukihil untuk mengirim obat-obatan.

"Lalu kami selidiki pesawat itu di-carter oleh masyarakat. Ada kejanggalan disini, kenapa pesawat komersil tidak berani masuk dan mendarat di bandara utama Kiwirok, di situ bandaranya bagus dan dijaga lengkap oleh personwl TNI-Polri. Sedangkan di Kukihil anggota kami tidak ada, tetapi pesawat komersil itu mendarat di sana,” kata dia.

Karenanya Jo menduga masuknya penerbangan ke Kampung Kukihil dikondisikan oleh oknum tertentu guna memasok bahan makanan untuk KKB pimpinan Lamek Taplo.

“Kami akan segera mengambil langkah tegas bersama Polri, nanti kita akan dalami siapa yang mengirim pesawat caravan itu ke sana. Ini kita lalukan untuk memutus mata rantai suplai logistik untuk kelompok KKB Lamek Taplo di Kwirok,” tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/05/143847778/saat-danrem-lihat-pesawat-komersil-angkut-bahan-makanan-ke-wilayah-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke