Salin Artikel

Diguyur Hujan 2 Jam, Kota Semarang Banjir Disertai Angin Kencang, Banyak Pohon yang Tumbang

SEMARANG, KOMPAS.com - Sempat diguyur hujan sekitar dua jam beberapa titik di daerah Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) terendam banjir dan pohon tumbang.

Kejadian tersebut viral di media sosial karena selain banjir juga banyak pohon yang tumbang.

Kabid Pencegahan dan Kesiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Angie Ardhitia mengatakan, beberapa titik di Kota Semarang terjadi banjir.

"Selain banjir juga ada pohon tumbang karena banjir disertai dengan angin kencang," jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Dia menjelaskan, ada beberapa daerah seperti Mangkang dan Jalan Setiabudi Semarang yang diterjang banjir dan angin kencang.

"Tadi seperti di Setiabudi memang kencang di Mangkang juga terjadi banyak pohon tumbang," ujarnya.

Dari laporan yang dia terima, hujan disertai angin kencang mulai terjadi sejak pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun, dia belum menghitung secara detail berapa titik yang terjadi banjir dan pohon tumbang.

"Sekarang tim sedang diterjunkan semua. Jadi data lagi on progress," tambahnya.

Beberapa waktu yang lalu Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) juga sudah memperingatkan akan terjadinya cuaca ekstrim di Kota Semarang.

"Selain banjir dan angin kencang, juga ada rob," ujarnya.

Meski demikian, dia meminta agar warga Kota Semarang tak panik. Dia mengaku sudah mempersiapkan rencana untuk melakukan penanganan.

"Kita sudah siapkan pompa air juga sehingga kalau banjir tak lama. Itu soalnya kiriman dari daerah atas," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/04/182752678/diguyur-hujan-2-jam-kota-semarang-banjir-disertai-angin-kencang-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke