Salin Artikel

Pengamat Sebut Ganjar Diminati Gen Z karena Eksis di Medsos

SEMARANG, KOMPAS.com-Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil menempati posisi teratas tokoh favorit untuk menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam survei Litbang Kompas.

Pengamat Politik Undip Teguh Yuwono menyebut generasi milenial dan Z akrab dengan dunia digital,  sementara kedua tokoh tersebut terbilang eksis di berbagai platform media sosial.

"Nah pemilih pemula kan identik dengan gen z dan milenial, generasi yang penuh dengan medsos, cepat. Karena Ganjar dan Ridwan Kamil sangat eksis di kalangan ini, dengan aktivitas beliau di semua medsos, tentu ini berimplikasi," kata Teguh kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Bahkan bagi Teguh, ini bukan hal yang mengagetkan ketika Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil mendapat apresiasi dari kalangan gen z.

Pasalnya dulu di pilkada Jawa Tengah dan juga Jawa Barat, baik Ganjar maupun  Ridwan Kamil kan juga mendapat dukungan yang besar dari pemilih pemula.

Lebih lanjut, cara kedua tokoh itu menggunakan medsos juga dinilai lebih akrab dan dekat dengan para netizen, lantaran diduga akun medsos dipegang sendiri dan sering kali merespon kolom komentar.

"Lain dengan calon lain yang mungkin enggak pernah kontak langsung, calon lain mungkin pakai medsos, tapi dioperasionalkan oleh stafnya atau anak buahnya. Kalau khusus Ridwan Kamil dan Ganjar kan mereka langsung pegang sendiri HP-nya, jadi mereka bisa menanggapi langsung" terangnya.

Komunikasi yang terjalin melalui platform digital itu cukup membangun kedekatan dengan Generasi Z. Sehingga mampu mempengaruhi pilihan mereka soal pemimpin di masa mendatang.

"Jadi saya kira gen z itu lebih merasa bisa berkomunikasi langsung dengan para pemimpinnya, sehingga wajar kalau mereka memilih pemimpin itu," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/04/163935778/pengamat-sebut-ganjar-diminati-gen-z-karena-eksis-di-medsos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke