Salin Artikel

PPP Maluku Usulkan Anies dan Ganjar sebagai Capres 2024

Dua nama yang diusulkan PPP Maluku yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranomo.

Usulan terhadap Anies dan Ganjar itu dibacakan dihadapan Plt Ketua Umum PPP Mardiono dan sejumlah pengurus DPP PPP serta ratusan kader dan para undangan dalam acara rapat pimpinan wilayah (Rapinwil) II PPP Maluku di kota Ambon, Kamis malam (3/11/2022).

Ketua DPC PPP Seram Bagian Barat Fathul Kwairumaratu yang membacakan usulan DPW menuturkan, usulan tersebut mempertimbangkan kondisi dan konstalasi politik baik di daerah maupun pusat.

Selain itu DPW PPP Maluku juga memperhatikan kepentingan konstituen dan menjaga keutuhan Indonesia sebagai bangsa. 

“Untuk itu, DPW PP Maluku mengusulkan satu, Bapak Anies Rasyid Baswedan dan dua Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden periode 2024-2029,” kata Fathul.

Adapun untuk calon wakil presiden, PPP Maluku menguslkan dua nama yakni Mardiono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erik Thohir.

“Dari (keempat) nama yang kami sebut, kami menyerahkan sepenuhnya dan kami sami’na wa athana atas keputusan yang akan diambil oleh DPP karena kami yakin apa yang diputuskan oleh PPP itulah yang terbaik bagi partai, umat, agama bangsa dan Negara,” katanya.  

Selain merekomendasikan capres dan cawapres, PPP Maluku juga mengusulkan ke DPP agar dapat memperjuangkan Abdul Muthalib Sangajdi atau AM Sangadji sebagai pahlawan nasional.

Selain itu, PPP Maluku juga menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh kepemimpinan Mardiono dan Arwani Tomafi sebagai Plt Ketua Umum dan Sekjen PPP.

Adapun sejumlah rekomendasi yang diusulkan ke DPP itu sehari sebelumnya telah diputuskan oleh pengurus DPW Maluku dalam rapat bersama seluruh pimpinan DPC.

Menanggapi usulan PPP Maluku terkait dua nama capres dan cawapres, Mardiono mengaku sangat menghargai aspirasi dari bawah.

“Semua suara arus bawah ini kan merupakan pikiran yang disampaikan ke DPP tetapi pada akhirnya tadi sudah saya tekankan semuanya harus tunduk pada asas, jadi apa yang sudah menjadi mekanisme pimpinan pusat harus dijalankan,” katanya.

Mardiono mengakui bahwa saat ini DPP PPP masih tetap solid bersama Koalisasi Indonesia Bersatu atau KIB. Sehingga pengusulan capres nanti akan dibahas dan diputuskan sesuai mekanisme yang berlaku.

“Mungkin masih agak panjang, tapi nantinya yang menjadi kesepakatan KIB itulah yang menjadi keputusan kita bersama tetapi itu semua proses harus kita lalui, dan saya tadi katakana kita harus satu garis komanda dan harus taat satu barisan tidak boleh berjalan sendiri-sendiri,” ungkapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/11/04/162437978/ppp-maluku-usulkan-anies-dan-ganjar-sebagai-capres-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke