Salin Artikel

RSUP Mohammad Hoesin Palembang Terima 2 Vial Obat Gagal Ginjal Akut

PALEMBANG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang menerima dua vial obat gagal ginjal akut fomepizole dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Obat gagal ginjal akut yang berasal dari hibah Jepang tersebut, telah diterima RSUP Mohammad Hoesin Palembang pada Selasa (1/11/2022) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Trisnawarman mengatakan, obat gagal ginjal akut tersebut merupakan donasi PT Takeda Indonesia.

Sebanyak 200 vial obat fomepizole itu kini telah disebar ke seluruh rumah sakit rujukan khusus penanganan gagal ginjal akut yang ada di Nusantara.

“Karena stoknya (obat fomepizole) terbatas, Untuk Palembang di RSUP Mohammad Hoesin mendapatkan dua vial. Obat ini diberikan gratis,” kata Trisnawarman, Kamis (3/11/2022).

Dokter Spesialis Anak bagian Nefrologi RSUP Mohammad Hoesin Palembang Eka Intan mengatakan, jumlah obat gagal ginjal akut yang disalurkan tersebut saat ini telah cukup.

Sebab, hanya ada dua pasien yang kini masih dirawat karena mengalami penyakit gagal ginjal akut misterius.

“Satu vial itu untuk satu pasien. Sementara kita punya dua pasien, jadi untuk sementara waktu sudah cukup,” ujar Eka.

Eka menjelaskan, setelah diberikan obat fomepizole tersebut, para pasien tetap dirawat di RS hingga kondisi mereka pulih kembali.

“Untuk terapi masih tetap dilakukan sampai pasien betul-betul sembuh. Kondisi mereka sejauh ini sudah berangsur membaik,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak enam orang anak menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang setelah terkena penyakit gagal ginjal akut misterius.

Dari enam orang anak tersebut, dua diantaranya telah meninggal dunia karena kondisi yang terus menurun dan satu orang dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang ke rumah.

https://regional.kompas.com/read/2022/11/03/202119278/rsup-mohammad-hoesin-palembang-terima-2-vial-obat-gagal-ginjal-akut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke