Salin Artikel

Hadiri Penutupan Festival Pelajar Nusantara di Solo, Ganjar: Awas, Ojo Kawin Bocah

SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada seluruh pelajar yang hadir dalam penutupan Festival Pelajar Nasional 2022 di Solo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2022).

Festival Pelajar Nusantara 2022 diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia dipusatian di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Ribuan peserta dari jenjang SMP/SMA/sederajat hadir secara luring dan daring. Adapun pelajar yang hadir di stadion kebanggaan Wong Solo ada sekitar 22.000 orang.

Ganjar meminta supaya para pelajar tidak tergoda dengan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan Pancasila. Ia juga meminta kepada para guru untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila.

"Ketika kalian ingin mencapai cita-cita yang tinggi godaannya akan banyak sekali. Mungkin akan digoda dengan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan Pancasila. Saya titip pesan itu," kata Ganjar di Stadion Manahan Solo, Senin.

Ganjar meminta para pelajar untuk menjauhi obat-obatan terlarang. Sebab, obat-obatan terlaramg ini akan bedampak buruk bagi para pelajar dalam mengejar cita-cita.

"Hati-hati dengan narkoba. Itu akan mengganggu cita-citamu," ungkap dia.

Kemudian pesan yang terakhir adalah meminta pelajar tidak melakukan pernikahan dini.

"Awas, ojo kawin bocah. Pak Gubernur ngomong kayak gini karena banyak loh. Harusnya kalian belajar malah do rabi. Kejarlah cita-citamu setinggi langit, setinggi langit," ungkap Ganjar.

"Jadi kata Bung Karno itu kalau cita-citanya setinggi langit maka kalian jatuh masih akan jatuh di bintang-bintang. Tapi kalau cita-citamu hanya setinggi pohon kelapa mak gedebuk jatuhnya kamu di bawah," sambung Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/31/124803978/hadiri-penutupan-festival-pelajar-nusantara-di-solo-ganjar-awas-ojo-kawin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke