Salin Artikel

Kapal Berisi 1.200 Ton Pupuk Terbakar di Pelabuhan Cilegon

CILEGON, KOMPAS.com - Kapal MV Abu Samah terbakar saat memuat pupuk milik PT Pusri di Dermaga 3 PT Krakatau Internasional Port (KIP), Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Minggu (30/10/2022).

Recuer Basaranas Merak, Bambang Sumantri mengatakan, Kapal MV Abu Samah mulai terbakar pada pukul 05.10 WIB. Asap muncul pertama kali di ruang mesin kapal.

"Salah satu ABK bagian mesin mengetahui asap keluar dari sekitar ruang mesin dan kepulan asap semakin membesar, dan memberitahukan semua ABK kapal agar dievakuasi  keluar untuk keselamatan," kata Bambang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Saat kejadian, kata Bambang, kapal sedang memuat pupuk jenis Dea Amonium Phospat (DAP) milik PT Pusri.

Saat itu, kapal sudah memuat sekitar 1.200 ton pupuk DAP dari sekitar 5.000 ton kapasitas muatan kapal.

Petugas keamanan yang mengetahui kejadian tersebut melaporkan terjadi kebakaran untuk memadamkan api. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dibantu dua unit tugboat PT KIP berusaha memadamkan api.

Dikhawatirkan api membesar dan merambat ke kapal lainnya yang tengah bersandar, PT KIP menerjunkan empat tugboat untuk menarik kapal Abu Samah ke tengah laut.

"Posisi kapal sekarang lego jangkar di sekitar Pulau Ular dalam proses pemadaman dengan kendala angin dan gelombang laut," ujar Bambang.

Sedangkan para kru sebanyak 6 orang sudah dievakuasi ke daratan dalam kondisi selamat. Keenam kru itu yakni Capt. Abdul Wafi, Chief Officer Asnawi Yusuf, Bosun Arjito, Juru Mudi Agus dan Arif serta Juru Bongkar Wewen.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/30/143309578/kapal-berisi-1200-ton-pupuk-terbakar-di-pelabuhan-cilegon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke