Salin Artikel

Ulang Tahun Ke-54, Ganjar Terima Hadiah Lukisan Soekarno dari Butet Kartaredjasa dalam Konser Sumpah Pemuda di Solo

Hadiah lukisan Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno itu diserahkan Butet kepada Ganjar saat menghadiri konser Sumpah Pemuda "Rhapsody Nusantara" di Diamond Solo Convention Center Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022) malam.

Penyerahan hadiah lukisan Soekarno disaksikan seribuan pengunjung yang hadir dalam konser Sumpah Pemuda.

Selain dari masyarakat umun, hadir menyaksikan konser ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Para pengunjung sontak bertepuk tangan saat Ganjar diundang naik ke panggung oleh Butet untuk menerima hadiah ulang tahun tersebut.

"Kowe ulang tahun sak iki (Anda ulang tahun sekarang). Saya meskipun seniman miskin ngasih hadiah mau enggak?" kata Butet di hadapan Ganjar dan pengunjung konser Sumpah Pemuda.

"Teman-teman hadiah yang sudah siapkan tolong dibawa kemari. Mas Ganjar saya minta naik ke atas panggung," sambung Butet disambut tepuk tangan pengunjung.

Diketahui, Ganjar belum lama berkunjung ke kediaman Butet di Kembaran, Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul.

Saat berkunjung ke kediamannya itu, kata Butet, Ganjar terpesona dengan salah satu lukisan di rumahnya.

"Ada satu lukisan yang beliau terpesona. Di hari ulang tahun aku hadiahkan kepada beliau. Ini hadiahnya salaman dulu," katanya.

Dalam konser Sumpah Pemuda, Butet membacakan puisi karya KH Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus dengan judul 'Kalau Kau Sibuk Kapan Kau Sempat'.

"Puisi ini penuh inspirasi pemimpin di manapun termasuk calon pemimpin," ungkap Butet.

Sementara dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan secara singkat kepada pengunjung konser Sumpah Pemuda.

Ganjar meminta pengunjung untuk menyaksikan pentas konser Sumpah Pemuda.

"Selamat menyaksikan pentas seni pasti akan membahagiakan bapak ibu semua," ucap Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/29/055200678/ulang-tahun-ke-54-ganjar-terima-hadiah-lukisan-soekarno-dari-butet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke