Salin Artikel

Gelombang Tinggi di Laut Natuna dan Anambas, Diperkirakan Capai 4 Meter

Hal ini dikarenakan tinggi gelombang laut Natuna saat ini hingga Sabtu (29/10/2021) besok mencapai 2,5 meter hingga empat meteran atau masuk kategori tinggi.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Hang Nadim Batam, Nizam Mawardi mengatakan, dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap adanya daerah pertemuan angin (konfluensi) di wilayah Kepri, sehingga mampu menambah potensi pertumbuhan awan-awan hujan.

“Bahkan diperkirakan akan terjadi hujan yang disertai petir dan angina kencang diseluruh wilayah Natuna,” kata Nizam melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (28/10/2022).

Untuk kecepatan Angin, berdasarkan data yang didapat, Nizam mengatakan 30 kilometer per jam dengan arus laut permukaan mencapai lima sampai 60 sentimeter per detik.

“Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah Laut Natuna,” papar Nizam.

Nizam juga meminta waspada terhadap masyarakat yang tinggal dipesisir pulau yang ada di wilayah Natuna.

Selain Natuna, gelombang tinggi juga terjadi di wilayah Anmabas, namun tinggi gelombangnya masih dibawa laut Natuna, yakni hanya mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

“Di Laut Anambas tinggi gelombang juga mengkhawatirkan, yakni mencapai 1,5 meter,” terang Nizam.

BMKG juga mengimbau agar warga Kepri umumnya dan Natuna khususnya selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas, terutama kepada pelaku transportasi laut, agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.


Ia menjelaskan ada beberapa risiko tinggi pelayaran yang dapat dihindari, mulai dari perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kemudian Kapal Tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Selanjutnya kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

"Kembali kami ingatkan untuk nelayan, diharapkan selalu membawa life jacket dan menghindari awan kumulonimbus yang merupakan sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya," pungkas Nizam.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/28/084843178/gelombang-tinggi-di-laut-natuna-dan-anambas-diperkirakan-capai-4-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke