Salin Artikel

Pembayaran Ganti Rugi PSN Bendungan Bener dan Wadas Telan Anggaran Rp 1 Triliun, Warga yang Terdampak Bisa Dapat Rp 9 Miliar

Hal itu disampaikan Kepala BPN Purworejo, yang juga sebagai Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T), Andri Kristanto saat musyawarah bentuk ganti kerugian di Balai Desa Wadas pada Selasa (25/10/2022).

Andri mengatakan, secara keseluruhan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Proyek Bendungan Bener sebanyak 4.240 bidang tanah. Dari jumlah tersebut sebanyak 3.733 bidang sudah terselesaikan dalam hal pembayarannya.

Ribuan bidang tanah tersebut meliputi lahan tambang di Desa Wadas maupun tapak bendungan yang berada di Desa Guntur dan desa-desa di sekitarnya.

"Yang sudah dibayarkan total Rp 1 triliun 800 juta, sampai pembayaran yang kemarin pada Selasa 18 Oktober 2022," katanya.

Meskipun bentuk kerugian bisa berupa tanah pengganti, mayoritas warga bersepakat untuk bentuk ganti kerugian adalah uang. Sehingga, tidak sedikit warga yang tanahnya terdampak, mendapatkan uang pengganti Rp 8-9 miliar per orangnya.

"Mereka sudah sepakat semua bahwa bentuk pembayaran ganti kerugian dilakukan dalam bentuk uang rupiah," katanya.

Diketahui, sebelumnya pembebasan tanah milik warga Wadas ini sempat memanas. Sebab, sejumlah warga terbelah menjadi 2 kelompok, yakni pro tambang dan kontra tambang.

Meski demikian, sering berjalannya waktu ada juga warga yang semula menolak namun sekarang sudah menerima lahannya dijadikan lahan tambang.

Seperti seperti Fahrurozi (49), warga Dusun Krajan Desa Wadas ini dulunya getol menolak rencana tambang quarry didesanya. Namun setelah adanya peraturan bupati terkait nilai ganti rugi tanam tumbuh yang cukup besar ia berubah pikiran.

"Awalnya kita tidak memperbolehkan tapi sekarang boleh (untuk tambang) itu ya tergiur dengan perbub," kata pemilik 1 bidang lahan terdampak tambang ini.

Fahrurozi sendiri diketahui memiliki 1 bidang lahan seluas kurang lebih 1.400 meter persegi, dengan nilai ganti kerugian mencapai Rp 1 miliar lebih.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/26/211738478/pembayaran-ganti-rugi-psn-bendungan-bener-dan-wadas-telan-anggaran-rp-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke