Salin Artikel

Ratusan Warga Desa Siwarak Purbalingga Mengungsi akibat Tanah Bergerak

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebupaten Purbalingga, Umar Fauzi mengatakan, bencana tanah bergerak ini melanda Kampung Siwarak akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini sejak sore hari.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kemarin malam, data sementara ada 202 jiwa dari 63 keluarga asal RT 004 RW 007 yang dievakuasi,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/10/2022).

Umar menuturkan, asesmen petugas merinci setidaknya 48 rumah rusak akibat tanah bergerak. Para pengungsi dipusatkan di tiga titik yakni gedung TPQ Miftahul Ulum, TPQ Sidadadi, dan TPQ Nurul Hikmah.

Selain di Siwarak, tanah longsor juga terjadi di Desa Banjarsari, Desa Tlahab Lor, Desa Limbasari, Desa Talagening dan Desa Sirau.

“BPBD mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terutama yang rumahnya berada di tepi tebing dan sungai, manakala hujan hujan turun dengan intensitas lebat dan durasi lama lebih baik mengungsi dulu di rumah kerabat,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/26/144609878/ratusan-warga-desa-siwarak-purbalingga-mengungsi-akibat-tanah-bergerak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke