Salin Artikel

Soal Polemik dan Fenomena Dukungan kepada Ganjar yang Siap Jadi Capres, Pengamat: Ini Dinamika Partai

KOMPAS.com - Ganjar Pranowo menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pernyataan Ganjar tersebut didukung oleh Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo.

"Siap maju capres, iya siap mendukung," ujar pria yang kerap disapa Rudy ini, Rabu (19/10/2022).

Namun, buntut pernyataan Ganjar yang didukung Rudy, membuat dua kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut dipanggil oleh DPP PDI-P.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah lebih dulu dipanggil ke Jakarta pada Senin (24/10/2022). Ganjar kemudian dijatuhi sanksi teguran lisan atas pernyataannya siap maju sebagai capres pada 2024.

Adapun Rudy dipanggil ke Jakarta pada Rabu (26/10/2022).

Terkait fenomena dan polemik dukungan kepada Ganjar ini, pengamat politik dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Agus Riewanto, memberikan pandangannya.

Menurut Agus, apa yang terjadi di PDI-P merupakan bentuk dinamika partai. Apalagi, sekarang ini mulai memasuki tahun politik.

"Ini merupakan dinamika partai, setiap partai memiliki dinamika masing-masing," ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Mengenai fenomena dukungan ini, Agus menilai bahwa dalam tubuh PDI-P terdapat kader progresif. Kader ini ingin cepat-cepat untuk segera memantapkan pilihannya dalam pencapresan.


Namun, sikap kader progresif tersebut terbentur oleh pandangan dari DPP PDI-P yang masih memilih untuk memperhitungkan capres yang akan diusung.

"Tapi, DPP punya pandangan lain. DPP ingin agak memperhitungkan dulu, mesti dikompromikan," ungkap dosen Fakultas Hukum UNS Surakarta ini.

Mengenai polemik ini, Agus menyarankan agar PDI-P segera berkompromi dengan kader-kader progresif. Hal ini dilakukan untuk menjaga kohesivitas partai.

"Perlu dikompromikan, perlu wadah untuk menampung kader-kadernya untuk satu suara. Pasalnya, kohesitivitas partai akan menjaga kesolidan dan menentukan kemenangan," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/25/203426378/soal-polemik-dan-fenomena-dukungan-kepada-ganjar-yang-siap-jadi-capres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke