Salin Artikel

Ada 6 Kasus Anak Gagal Ginjal Akut di Sumsel, 2 Meninggal dan 1 Sembuh

Dari enam orang anak tersebut, dua di antaranya telah meninggal dunia karena kondisi yang terus menurun dan satu orang dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang ke rumah.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjangan RSUP Mohammad Hoesin Palembang Marta Hendry mengatakan, saat ini tinggal tiga orang anak yang masih menjalani perawatan.

Kondisi ketiga anak ini pun terus membaik setelah mendapatkan perawatan dari rumah sakit.

“Pasien yang diperbolehkan pulang berasal dari Kabupaten Lahat, kondisinya dinyatakan sudah sembuh. Untuk sekarang tiga anak lagi masih dirawat,” kata Marta, Senin (24/10/2022).

Marta menjelaskan, para anak yang terkena penyakit gagal ginjal akut misterius ini sebelumnya mengalami keluhan batuk, muntah-muntah dan sakit perut.

Setelah itu, orangtua dari pasien membawa anaknya ke rumah sakit lantaran produksi urine yang berkurang. Usai diperiksa, anak itu dinyatakan terkena gagal ginjal akut misterius.

Meski demikian, Marta menegaskan bahwa penyakit ini tidak menular dan mengimbau warga untuk tidak panik.


“Hindari juga makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi untuk anak-anak, karena ini lebih sering terjadi pada anak usia mulai dari 1 tahun hingga remaja 18 tahun. Kemudian, ikuti penggunaan obat sesuai anjuran dari Kemenkes, jangan gunakan obat sirup dulu, ” imbuh Marta.

Marta pun menyarankan agar orangtua yang anaknya mengalami gejala demam untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, para medis pun sudah diminta sementara waktu menggunakan obat dalam jenis tablet.

“Kami lebih menyarankan melakukan pola hidup sehat, perhatikan betul-betul makan anak untuk menghindari terkena penyakit,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/25/093047778/ada-6-kasus-anak-gagal-ginjal-akut-di-sumsel-2-meninggal-dan-1-sembuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke