Salin Artikel

Antisipasi Penyakit Gagal Ginjal Akut pada Anak, Dinas Kesehatan Solo Imbau Masyarakat Tak Gunakan Obat-obatan Sirup

Hal ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor: SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) Pada Anak.

Dalam surat edaran itu, disebutkan pada point 7 dan 8 bahwa tenaga kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirup, sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat, sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pejabat yang akrab disapa Ning ini mengatakan, belum ada penarikan obat-obatan sirup di apotek.

"Kalau instruksi penarikan tidak ada dari Kementerian Kesehatan. Adalah imbauan untuk tidak menggunakan (obat-obatan dalam bentuk cair/sirup) itu sebagai langkah kehati-hatian," ungkap dia.

Obat-obatan cair/sirup yang diduga menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak mengandung zat berbahaya etilen glikol dan dietelin glikol.

"Sementara untuk surat edaran (Kementerian Kesehatan) itu untuk tidak memakai regimen tersebut. Ini langkah kehati-hatian," terang Ning.

Lebih jauh Ning mengatakan sejauh ini belum ada laporan kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak di Solo.

Meskipun belum ada laporan kasus, ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap risiko kemunculan penyakit tersebut.

"Kita memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat termasuk beberapa Faskes untuk supaya tidak menggunakan (obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirop) sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan," terang Ning.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/20/214726678/antisipasi-penyakit-gagal-ginjal-akut-pada-anak-dinas-kesehatan-solo-imbau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke