Salin Artikel

Kementerian Agama Seleksi Calon Imam dan Muazin Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed rencananya diresmikan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan pada 17 November 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solo Hidayat Maskur mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan imam dan muazin untuk persiapan peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Untuk persiapan besok peresmian Insya Allah dari muazin dan imam sudah siap. Kita sementara mencari muazin terbaik di Jawa Tengah. Jadi kita nanti mencari muazin terbaik untuk kita bawa ke sini dulu," kata Hidayat di Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022).

Setelah diresmikan, pihaknya akan menggelar seleksi calon imam dan muazin Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Seleksi ini bertujuan mencari imam dan muazin yang terbaik.

Pihaknya akan mencari minimal dua orang imam dan dua orang muazin Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Karena memang ini nanti juga ada seleksi nasional di pameran masjid nasional ada muazin, nanti kita coba kita kolaborasi dengan itu. Kalau memungkinkan kita tarik ke sini," ungkap Hidayat.

Hidayat mengungkap calon imam Masjid Raya Sheikh Zayed Solo harus hafal Alquran 30 juz, berwawasan rahmatan lil alamin, memiliki akhlak dan rekam jejak yang baik.

"Kalau muazin nanti kita kedepankan di suara. Karena muazin memang butuhnya suara yang didengar oleh banyak orang. Jadi muazin itu kita cari suara dulu yang terbaik kemudian kita cari rekam jejaknya dan akhlaknya juga baik," kata Hidayat.

Mengenai pengelolaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, lanjut Hidayat akan dilakukan secara bersama-sama antara Kemenag dengan Pemkot Solo.

"Secara otomatis kita tidak punya tim teknisi seperti ini Kementerian Agama tidak punya. Jadi tentu akan menggandeng Pemkot yang punya tim teknisi untuk perawatan. Masjid sebesar ini dikelola secara bersama-sama," kata dia.

Sebagai informasi, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dibangun di bekas Depo Pertamina Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari dengan luas lahan 3,65 hektar.

Masjid hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al-Nahyan untuk Presiden Jokowi mampu menampung 10.000 jemaah.

Masjid ini juga dilengkapi berbagai fasilitas meliputi perpustakaan, ruang pengelola, ruang transit VIP, ruang wudlu, kamar mandi (toilet), ruang terbuka hijau dan lain-lain.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/19/140446378/kementerian-agama-seleksi-calon-imam-dan-muazin-masjid-raya-sheikh-zayed

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke