Salin Artikel

Oknum Aparat Kampung di Teluk Bintuni Ditangkap Polisi karena Miliki Senpi Rakitan dan Amunisi

Kapolres Teluk Bintuni AKBP Junov Siregar mengatakan, kasus ini terbongkar ketika polisi sedang menyelidiki kasus penyerangan yang menewaskan empat pekerja jalan pada 29 September 2022 lalu.

"Di tengah proses penyelidikan yang kami lakukan, kami mengamankan oknum aparat Kampung Macok, Distrik Moskona Barat berinisial SO (46), Sabtu (15/10/2022) karena memiliki senjata api rakitan serta amunisi kaliber 3,8 sebanyak 8 butir," kata Kapolres, Selasa (18/10/2022).

Mulanya pihak kepolisian mencurigai seorang anak umur 7 tahun yang lari membuang tas di sekitar rumah.

"Lalu kami kejar dan ambil tas tersebut ditemukan satu pucuk senjata api rakitan beserta amunisinya," ucap dia.

Pemeriksaan dilakukan. Anak tersebut mengaku disuruh oleh orangtuanya yang berinsial SO untuk membuang tas tersebut.

"Selanjutnya kami mengkap tersangka (SO) yang tak lain adalah orangtua dari anak itu, menurut keterangan tersangka (SO) senjata api rakitan beserta amunisi diperoleh dari ayahnya (warisan)," katanya.

SO disangkakan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, dengan ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup atau penjara setinggi-tingginya selama 20 tahun.

"Dengan kejadian ini kami menganalisis, sebelumnya kami telah melakukan penangkapan kepada AO pada beberapa bulan lalu dan sekarang SO, ini menandakan masih banyak masyarakat yang masih memiliki senjata api ilegal," tuturnya.


Menurutnya, pemerintah daerah perlu terlibat untuk merangkul dan memperhatikan warga di Moskona.

"Saya turun sendiri ke lapangan dan membuktikan salah satunya Kampung Ingof tidak ada satu orang pun dikampung tersebut, bahkan hewan ternak pun tidak ada, dari sini kita bisa evaluasi, ini ada apa di Moskona Barat," kata dia.

Kapolres mengimbau masyarakat Moskona yang masih memiliki senjata api ilegal untuk menyerahkannya pada petugas.

"Apabila dikemudian hari masih ada masyarakat yang memiliki senjata api ilegal kami tidak akan segan-segan untuk melakukan penegakan hukum," katanya.

Polres Teluk Bintuni menegaskan akan tetap akan melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku yang melakukan pembantaian terhadapa para pekerja Trans Moskona-Maybrat.

"Saya berharap kepada masyarakat moskona apabila mengetahui para pelaku agar segera melapor kepada aparat terdekat," papar Kapolres.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/18/131933078/oknum-aparat-kampung-di-teluk-bintuni-ditangkap-polisi-karena-miliki-senpi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke