Salin Artikel

Viral Video soal Begal, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Bakal Tingkatkan Patroli

"Kami akan tetap meningkatkan patroli dan pengecekan di titik rawan," kata Kepala BTNGM Junita Parjanti dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Ada lima jalur pendakian Gunung Merbabu yang dapat dilewati oleh para pendaki. Kelima jalur pendakian ini antara lain, Selo, Thekelan, Cuntel, Wekas dan Suwanting.

Namun dari lima jalur tersebut, hanya jalur pendakian Cuntel di Kabupaten Semarang yang masih belum dibuka untuk pendakian. Pasalnya, jalur ini akan dipakai khusus untuk pendidikan dasar (diksar).

Sebelumnya, jagad media sosial (medsos) dihebohkan munculnya sebuah video bernarasi begal di Gunung Merbabu. Video itu diunggah pemilik akun Twitter @pendakilawas pada 13 Oktober 2022 sekitar pukul 10.14 WIB.

Video berdurasi 20 detik ini merekam aktivitas seseorang di dalam tenda. Di dalam video itu juga dituliskan keterengan markas begal dan sering mencuri peralatan pendakian.

Hingga Selasa (18/10/2022) pukul 09.20 WIB, video tersebut telah ditonton lebih dari 144.000 dan disukai lebih dari 2.500 pengguna akun Twitter.

Diketahui aksi begal di Gunung Merbabu ini terjadi di jalur pendakian Suwanting Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/18/103823578/viral-video-soal-begal-balai-taman-nasional-gunung-merbabu-bakal-tingkatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke